blank
Haornas ke-39, Kodam IV/Diponegoro gelar olahraga bersama yang diikuti para prajurit dan PNS di Komplek Lapangan Parade Kodam IV/Diponegoro. Foto: Dok/Pendam

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Memperingati Hari Olah Raga Nasional (Haornas) ke-39, Kodam IV/Diponegoro menggelar olahraga bersama yang diikuti para prajurit dan PNS di Komplek Lapangan Parade Kodam IV/Diponegoro, Jumat (9/9/2022).

Kegiatan yang diawali dengan apel bersama ini dipimpin oleh Kajasdam IV/Diponegoro, Kolonel Inf Theopilus Bangun.

Menyampaikan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga, Kajasdam menyebut bahwa selama hampir 2 tahun Indonesia dilanda Covid-19 hingga membatasi aktifitas fisik.

Melalui momentum Haornas kali ini, kolaborasi antara Pemerintah Pusat, Pemda, swasta dan stakeholder berkomitmen bahwa olahraga untuk membina atlet-atlet usia dini dengan melakukan kompetisi secara berjenjang dan sistematis, guna mencetak bibit bibit juara pada masing-masing bidangnya. Tentunya didukung dengan penerapan sport science.

Lahirnya UU No. 11 Tahun 2022 tentang keolahragaan dan terbitnya peraturan Presiden No. 86 Ta. 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), diharapkan mampu memberikan kontribusi pencapaian tujuan pembangunan olahraga dalam dimensi yang lebih luas, yakni untuk mewujudkan Indonesia bugar berkarakter tangguh dan berprestasi dunia.

“Olahraga harus mampu berperan dalam pemberdayaan ekonomi, oleh sebab itu maka tema peringatan Haornas ke-39 Tahun 2022 ini adalah Bersama Cetak Juara,” ucapnya.

Gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat juga harus digencarkan, sehingga olahraga menjadi salah satu kebutuhan maupun gaya hidup.

Ucapan terimakasih ditujukan kepada Presiden RI, Joko Widodo dan kepada KONI, KOI, NPC Indonesia, KORMI Nasional, PORTURIN, SOINA, BAPOPSI/BAPOMI, para atlet elit dan junior, pelatih dan lainnya yang telah mencetak banyak prestasi membanggakan.

“Selamat memperingati Haornas ke-39 untuk semua warga Negara Indonesia, semoga dapat mencintai olahraga sebagai gaya hidup agar selalu sehat dan bugar,” tandas Kajasdam.

Perayaan Haornas ke-39 kali ini tidak hanya dilakukan di lingkup Makodam IV/Diponegoro, melainkan digelar di setiap satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro.

Ning Suparningsih