blank
Pj Bupati Jeapaar Edy Supriyanta saat memberikan ceramah dihadapan peserta sekolah lansia (Foto:Kmf)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta meluncurkan sekolah lansia di Desa Cepogo, Kecamatan Kembang. , Jumlah lansia di Cepogo ada lebih dari 70 orang dan hampir seluruhnya mengikuti program sekolah lansia. Sekolah bagi usia lanjut diharapkan bisa mendorong kualitas hidup yang produktif, serta dapat meningkatkan kesejahteraan lansia.

Kegiatan dilaksanakan dan diikuti seluruh peserta kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL) Senja Lestari, Kamis (1/9/2022). Acara diawali dengan suguhan pelbagai macam seni pertunjukan. Bupati pun memberi apresiasi kepada para lansia yang mengambil bagian pada siang itu.

Edy menyampaikan kepada para lansia untuk selalu menjaga kesehatan. Mulai dari menjaga pola makan, tidur cukup, hingga rutin cek kesehatan. Termasuk mengajak mereka agar melakukan vaksinasi lengkap.

Plt. Kepala DP3AP2KB Jepara Bambang Dwipo Suwignyo menjelaskan sekolah lansia di desa ini sudah berdiri sejak tahun 2010. Ada pembinaan dari BKL serta posyandu lansia. Saat itu baru beranggotakan 12 orang dan kemudian berkembang. “Jumlah lansia di Cepogo ada lebih dari 70 orang. Hampir seluruhnya mengikuti program sekolah lansia,” ujar Bambang Dwipo

Disampaikan, sekolah bagi usia lanjut merupakan model pendidikan non-formal. Sebagai upaya pemberian informasi dan pelatihan, demi mencapai dimensi lansia yang tangguh. “Wadah untuk mewujudkan lansia yang cerdas, sehat, mandiri, aktif, produktif, dan bermartabat,” ujarnya.

Selain membuka kegiatan, Penjabat Bupati Jepara juga menyerah bantuan paket sembako kepada lansia. Dalam acara itu, Edy Supriyanta berkesempatan memberikan kuliah perdana. Suasana perkuliahan pun terasa hidup, antusiasme peserta aktif berinteraksi.

Hadepe – kmf