Penandatanganan berita acara dan serah terima memori jabatan Kepala Lapas Purwokerto. Foto: Dok/Humas Kumham

PURWOKERTO (SUARABARU.ID) – Kepala Lapas Kelas IIA Purwokerto, Ignatius Gunaidi telah memasuki masa purna tugas. Sebelum ada pengganti yang definitif, tugas dan kewenangannya digantikan oleh seorang Pelaksana Tugas (Plt).

Dia adalah Kabid Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jateng, Kusbiantoro. Dia dipercaya mengampu amanah tersebut.

Serah terima jabatan sendiri disaksikan Kakanwil Kemenkumham Jateng, A. Yuspahruddin di aula Lapas Purwokerto yang ditandai dengan penandatanganan Berita Acara dan Serah Terima Memori Jabatan Kepala Lapas Purwokerto.

Menurut Yuspahruddin, mengakhiri tugas dengan baik adalah sebuah pencapaian yang luar biasa, karena tidak banyak pegawai yang sanggup melalui fase masa pensiun dengan mulus.

“Beliau telah menyelesaikan tugasnya dengan baik. Ini luar biasa,” ujar Yuspahruddin, Kamis (1/9/2022).

“Kita semua belum tahu nasib kita sendiri. Apakah bisa menuntaskan tugas kita seperti Pak Gunaidi. Karena banyak yang terjegal sebelum memasuki masa pensiun.
Tuhan bisa membalikkan semuanya, jadi kita harus berhati-hati,” tuturnya.

Kepada Kusbiantoro (Sang Suksesor), Kakanwil berpesan untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya walaupun hanya sebagai Plt. Kepala Lapas.

“Segeralah berkreasi. Lakukan berbagai inovasi untuk mendukung peningkatan kinerja,” tukasnya.

Yuspahruddin selanjutnya memberikan arahan dengan mengutip buku Stephen Covey tentang tujuh kebiasaan yang membuat orang menjadi lebih efektif, salah satunya Be Proactive.

“Diantara perilaku Be Proactive adalah mampu mencegah masalah sebelum masalahnya terjadi, melakukan inovasi-inovasi dan punya mau menyampaikan ide,” ujarnya.

“Bekerjalah dengan skala prioritas. Utamakan menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang besar,” imbuhnya.

Pada kesempatam itu Kusbiantoro meminta dukungan semua pihak untuk memaksimalkan pelaksanaan tugas sebagai Plt Kepala Lapas Purwokerto.

Hadir dalam kegiatan Serah Terima Jabatan, Kepala Divisi Administrasi, Jusman dan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Supriyanto, para Kepala UPT se Eks Karesidenan Banyumas, perwakilan Kepala UPT Nusakambangan dan daerah lain.

Ning Suparningsih