blank
Prosesi pelantikan satu pejabat Kejati Jateng dan sebelas Kepala Kejaksaan Negeri di wilayah Jateng. Foto: Dok/Kejati Jateng

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jateng, Andi Herman baru saja melantik Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) yang berlangsung di aula R.Soeprapto Kejati Jateng.

Aspidsus Kejati Jateng yang semula dijabat oleh Sumurung Pandapotan Simaremare, kini resmi digantikan oleh Prihatin yang sebelumnya menjabat Kepala Kejari Surakarta.

Sumurung sendiri dipromosikan sebagai Koordinator pada Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (JAM Intel) Kejagung.

Adapun jabatan Prihatin digantikan Digdiyono Basuki Susanto yang sebelumnya bertugas di Kejaksaan Agung sebagai Kepala Bidang di Pusat Penerangan Hukum.

Andi mengatakan, ada 12 orang yang dilantik, yakni 1 pejabat Kejati Jateng dan sebelas Kepala Kejaksaan Negeri di wilayah Jateng.

Menurut Andi, rotasi jabatan di tubuh kejaksaan merupakan refleksi sikap institusi dalam upaya meningkatkan kinerja dan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Dinamika saat ini, khususnya di Jawa Tengah menuntut lembaga penegak hukum harus mampu menghadirkan penegakan hukum yang berorientasi pada kemanfaatan, serta menunjang kebangkitan ekonomi nasional,” kata Andi, Rabu (31/8/2022).

“Kepada pejabat yang baru dilantik, kami berharap kedepan mampu menjalankan perintah dengan sebaik-baiknya, profesional dan berintegritas, sehingga mampu menjaga marwah kejaksaan di tengah masyarakat,” pesan Andi.

Andi mengatakan, pihaknya telah melakukan evaluasi mendalam, serta mempertimbangkan profesionalitas dan integritas pejabat selama berkarir. Dipilihnya para pejabat ini, dinilai orang tepat, untuk mengisi jabatan yang tepat, di waktu yang tepat.

Sementara itu 11 Kepala Kejari baru yang telah dilantik yakni Digdiyono Basuki Susanto sebagai Kepala Kejari Surakarta, Emi Veronica Maramba sebagai Kepala Kejari Kendal, Agustinus Octavianus Nainggolan menjabat Kepala Kejari Kabupaten Magelang.

Slanjutnya Kepala Kejari Wonogiri dijabat Porman Patuan Radot, Kepala Kejari Banyumas dijabat Dwi Indrayati.

Kemudian, Mukharom menjabat Kepala Kejari Batang, Zuhri sebagai Kepala Kejari Karanganyar, Efendri Eka Saputra menjabat Kepala Kejari Wonosobo, Muhammad Ichwan menjabat Kepala Kejaksaan Negeri Jepara.

Selanjutnya, Kepala Kejari Kabupaten Tegal dijabat Suyanto, dan Feni Nilasari menjabat Kepala Kejari Kabupaten Pekalongan.

Ning Suparningsih