Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji (kanan) menyerahkan bantuan beasiswa kepada pelajar. Ada sebanyak 402 pelajar berprestasi dari keluarga tidak mampu yang menerima bantuan beasiswa.(Dok.Prokpopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Sebanyak 402 pelajar berprestasi dari keluarga tidak mampu di Kabupaten Pacitan, mendapatkan bantuan beasiswa. Dana bantuan berasal dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pacitan.

Prokopim Pemkab Pacitan, semalam, mengabarkan, pemberian beasiswa ini merupakan bagian dari pentasyarufan dana zakat infaq dan sodaqoh yang dihimpun oleh Baznas Kabupaten Pacitan.

Penyerahan beasiswa dilakukan langsung oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, berlangsung Kamis (25/8), di Pendapa Kabupaten. Dari 402 pelajar tersebut, sebanyak 206 anak berasal dari jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan dari Sekolah Luar Biasa (SLB).

Mereka mendapatkan bantuan dana beasiswa masing-masing sebesar Rp 650 ribu. Sedangkan, para pelajar di jenjang Sekolah Lanjutan Atas (SLA), masing masing menerima beasiswa Rp 750 ribu.

Bedah Rumah

Bersamaan itu, Baznas Kabupaten Pacitan juga memberikan bantuan program bedah rumah untuk keluarga tidak mampu. Yakni untuk sebanyak 16 Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), masing masing unit rumah mendapatkan bantuan Rp 15 juta.

Baznas juga menyalurkan bantuan tambahan permodalan untuk 10 pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Pasar Minulyo. Masing-masing sebesar Rp 2,5 juta.

Atas nama pribadi maupun Pemda, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji, menyampaikan ucapan terimakasih. ”Ini adalah bentuk kepedulian yang baik. Harapannya, yang belum tergerak akan lebih tergerak lagi, dan lebih maksimal ke depannya,” ungkap Bupati.

Bupati sangat mengapresiasi dan menilai program-program yang dijalankan oleh Baznas sudah tepat. Yakni mampu memberi manfaat tidak hanya untuk menyantuni anak-anak yatim dan dhuafa, tetapi juga untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

”Ini menjadi bentuk kolaborasi yang baik untuk bersama-sama mengatasi kemiskinan di Kabupaten Pacitan,” tandas Bupati.

Bambang Pur