Tim Futsal Kota Semarang yang disiapkan terjun di Porprov 2023, melakukan foto bersama, sesaat sebelum melakukan uji coba lawan Tim Porprov Kabupaten Kendal. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Manajer Tim Futsal Kota Semarang yang disiapkan ke Porprov 2023 di Pati Raya, R Ade Sasongko Pramudhito mengatakan, masih ada banyak hal yang harus dibenahi tim futsal yang ditargetkan bisa meraih medali emas ini.

Menurut dia, meski dalam laga uji coba lawan Tim Futsal Porprov Kabupaten Kendal, anak-anak asuhnya menang besar 7-3, namun ada beberapa celah di lini belakang yang masih bisa ditembus lawan.

Hal itu seperti yang disampaikannya, usai mendampingi Tim Futsal Porprov Kota Semarang, menggelar latih tanding dengan Tim Kabupaten Kendal, di Lapangan Futsal GOR Undip, Tembalang, Minggu (21/8/2022).

BACA JUGA: AKP Danang Sri Wiratno Kasatreskrim Polres Kudus

”Hasil ini tentunya akan menjadi evaluasi kami. Sebelum pelaksanaan Pra Porprov, kami kembali akan menggelar dua kali lagi uji coba. Selain itu, kami juga akan melakukan pencoretan terhadap pemain yang ada ini,” kata Ade Sasongko dalam keterangannya didampingi Angga Widyatmoko, selaku GM Tim Futsal Kota Semarang.

Sedangkan pelatih kepala Muhammad Afandi Dwi Putranto menyampaikan, ada beberapa yang harus dievaluasi di timnya. Dikatakan dia, selama laga yang berlangsung 2×35 menit itu, masih banyak kesalahan-kesalahan kecil di skuadnya.

Afandi menyebut, selama babak pertama harusnya gawangnya clean sheet. Namun setelah timnya berhasil membobol gawang lawan, justru Tim Kendal berhasil menyamakan skor.

BACA JUGA: Etika dan Budaya Digital di Masyarakat Harus Terus Ditingkatkan

”Kami tidak melihat hasil akhir dari pertandingan uji coba ini, tapi kami ingin anak-anak benar-benar tampil disiplin, konsisten dan spartan sepanjang pertandingan. Uji coba ini bisa menjadi evaluasi saat nanti tampil di ajang yang sebenarnya di Porprov,” jelas dia.

Diakuinya, banyak gol tercipta untuk timnya dari proses serangan balik. Namun sebaliknya, lini belakang masih sering kelabakan saat menerima serangan lawan.

Usai laga uji coba ini, pihaknya akan segera melakukan evaluasi guna persiapan menghadapi laga berikutnyam, melawan Tim Futsal Kabupaten Karanganyar. ”Kami juga masih akan melakukan pencoretan pemain, sebelum batas akhir entry by name Porprov 2023,” sebut dia.

BACA JUGA: Tiga Mahasiswa UIN Saifuddin Zuhri Dapat Bantuan Biaya Semesteran dari Ganjar

Sementara itu, Ketua Asosiasi Futsal Kota Semarang, Suyatno berharap, dengan adanya laga uji coba ini, membuat chemistry pemain bisa tercipta. Dari beberapa laga yang telah dimainkan, dan rencana dua kali uji coba kembali, harus benar-benar bisa dimanfaatkan dengan baik.

Diungkapkan dia, sebagai sebuah permainan tim, jalinan komunikasi atau chemistry sebenarnya bisa didapat, bila sering bermain dalam suasana dan tekanan yang sama. Namun itu semua harus dibarengi dengan latihan intens dan serius.

”Yang penting tetap semangat berlatih. Jangan cepat puas diri dengan hasil akhir, dan segera lakukan evaluasi,” pesan dia.

Riyan