blank
Chef Juna saat memberi penilaian atas kreasi masakan berbahan buah sukun. foto:Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Chef kondang bernama Junior John Rorimpandey atau yang akrab disapa chef Juna datang ke Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Minggu (20/8) di GOR Sukun, Kudus. Dia meramaikan acara Adu Rasa Kreasi Sukun.

Di acara ini, chef Juna menjadi salah satu juri dalam acara lomba masak ‘Adu Rasa Kreasi Sukun’. Acara ini persembahan dari PT Sukun Wartono Indonesia yang pada 19 Agustus 2022 berusia 75 tahun.

Di acara ini, sebanyak 15 tim dari berbagai divisi PT Sukun Wartono Indonesia ikut serta beradu kemampuan untuk mengolah aneka masakan. Mereka, diberi waktu sekitar 120 menit untuk menyiapkan kreasi makanan berbahan dasar buah sukun. Makanan tersebut kemudian dinilai oleh Chef Juna.

Di lomba tersebut makanan berbahan dasar buah sukun boleh diolah sebagai menu pembuka, menu hidangan utama, atau menu makanan penutup. Hal yang terpenting, sudah mengandung 30 persen buah sukun.

Corporate Secretary Pabrik Rokok (PR) Sukun Deka Hendratmanto mengatakan, pihaknya ingin memperkenalkan buah sukun. Menurutnya, sejauh ini belum begitu banyak masyarakat yang tahu tentang buah sukun.

“Dengan adanya Chef Juna ini harapan kami bisa memperkenalkan buah sukun. Selain itu agar masyarakat tahu bahwa buah sukun itu dapat diolah menjadi beberapa menu masakan,” katanya.

Pihaknya berharap peserta dan masyarakat dapat mengoptimalkan buah sukun menjadi berbagai jenis makanan. Mulai dari menu pembuka, menu hidangan utama, atau menu makanan penutup.

“Harapannya masyarakat dapat menggali buah sukun untuk dimanfaatkan menjadi berbagai menu makanan,” imbuhnya.

Sementara, Chef Juna mencicipi dan menilai semua hidangan yang diolah peserta memberi komentar positif. Para peserta cukup kreatif mengolah buah sukun menjadi aneka olahan yang lezat dan nikmat.

Beberapa menu berhasil disajikan peserta diantaranya mi ayam dan resoles, seaood, sate lilit hingga nasi padang. Chef Juna pun menyatakan kekagumannya atas kreasi para peserta.

”Makanannya enak, tetapi pangsitnya kurang tebal. Cuma over all enak sih,” kata chef Juna saat mencoba olahan pangsit dari salah satu peserta.

Dalam kesempatan itu, Chef Juna pun memancing para peserta untuk menjadi master chef, lantaran sebagian besar masakan yang dicicipi terasa enak. ”Ini masakannya enak-enak enggak ada yang mau ikut Master Chef,” celetuk Chef Juna sambil tersenyum.

Dalam lomba tersebut, juara pertama disabet oleh tim dari Sukun Tekstil yang berhasil menyajikan olahan yang dinilai paling lezat dan nikmat.

Ali Bustomi