blank
Puncak peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan Indonesia, ditandai pengibaran bendera pada upacara detik-detik Proklamasi yang digelar di Stadion Pringgondani, Wonokarto, Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-77, Rabu (17/8), digelar di Stadion Pringgondani, Wonogiri. Usai upacara, dirangkai lomba parade dan defile pasukan peserta upacara.

Tampil menjadi Komandan defile, Kasat Samapta Polres Wonogiri AKP Soepardi. Acara ini, juga dimeriahkan dengan persembahan Marching Band gabungan dari dua SMP.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo tampil menjadi Inspektur Upacara. Komandan Upacara dijabat oleh Danramil-05 Batuwarno Kodim 0728 Wonogiri Kapten (Cba) Oyon Subiyanto. Perwira Upacara dipercayakan kepada Pasipers Kodim 0728 Wonogiri Kapten (Cpm) Suparmin.

Peserta upacara terdiri atas barisan TNI-Polri, ASN, Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan pelajar. Ikut hadir Dandim 0728/Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto, Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto, Plt Kejari Muhammad Ahsan, Ketua PN Rais Torodji, Wakil Bupati Setyo Sukarno, Ketua DPRD Sriyono, Sekda Haryono bersama para Asisten Sekda, para Kepala Dinas Instansi, Tokoh Veteran dan tamu undangan.

Bupati membacakan amanat dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang mengajak masyarakat untuk bersatu dengan tidak membeda-bedakan suku, ras, agama dan golongan. Karena sejarah mencatat, kemerdekaan diproklamasikan dengan melibatkan banyak tokoh dari berbagai suku, ras, agama dan golongan. Yang semuanya bersatu, demi dan untuk berdirinya Negara Indonesia.

Renungan Suci

Di akhir amanatnya, disampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat, khusunya di Jawa Tengah, yang tetap guyub rukun, saling ngajeni (menghormati) dan handarbeni (memiliki).

Pengibaran bendera Merah Putih oleh Paskibraka berjalan baik dan lancar. Formasi pengibaran berjumlah tiga kelompok. Tampil sebagai Komandan Paskibra Kapten (Inf) Suraji (Danramil-10/Wuryantoro).

Sebelumnya, Selasa malam (16/8) Pukul 00.00, jajaran Forkopimda menggelar apel penghormatan malam renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa.

Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto tampil memimpin pelaksanaan apel renungan suci dengan membacakan ikrar kepada pahlawan. Acara ini dirangkai dengan mengheningkan cipta. Selama renungan suci berlangsung, dilakukan pemadaman lampu dan penyalaan lilin/obor sebagai pengganti alat penerangan.

Sementara itu, saat datang detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Kepala Pasar Wonogiri Kota Yato Baloeng, memimpin penghormatan Bendera Merah Putih di halaman pasar. Bersamaan itu, para pedagang diajak berdiri tegak selama dikumdangkan Proklamasi Kemerdekaan dan ketika menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Bambang Pur