blank
Ilustrasi buah buahan. Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Di tengah pandemi yang masih berlangsung, selain menerapkan protokol kesehatan di luar rumah kita juga membutuhkan asupan makanan atau buah-buahan sebagai penambah imun tubuh, dilansir dari Suara.com pada Selasa (16/8/2022).

Kemudian, dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin dan mineral penting ini dapat membantu sistem pertahanan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Selain itu, jenis buah-buahan yang akan disebutkan nanti juga mudah dicari baik di pasar tradisional ataupun di pusat perbelanjaan dan harganya pun ramah di kantong.

Dirangkum dari sehataqua, berikut ini adalah 7 ragam buah penambah imun tubuh untuk bantu menjaga kesehatan.

1. Semangka

Buah semangka mempunyai kandungan antioksidan bernama glutathione yang dapat memperbaiki kerusakan sel dan jaringan tubuh, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan sistem imunitas. Supaya lebih maksimal, konsumsilah daging buah semangka yang paling dekat dengan kulit demi memperoleh antioksidan lebih tinggi.

2. Blueberry

Buah blueberry ini kaya akan vitamin dan mampu menambah imun tubuh agar daya tahan baik, namun juga dapat digunakan sebagai perawatan kulit. Pasalnya dalam buah blueberry mengandung senyawa antosianin yang dinilai mampu menurunkan risiko infeksi saluran pernapasan bagian atas.

3.Jeruk

Buah jeruk sudah sejak lama dikenal mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Nah saat dikonsumsi, vitamin C ini akan diproses oleh tubuh untuk menambah produksi sel darah putih. Alhasil, sistem pertahanan pun semakin kuat dalam melawan berbagai serangan infeksi dari luar.

4. Pepaya

Carotenoid adalah kandungan antioksidan dalam buah pepaya yang bermanfaat untuk menciptakan antibodi. Hal ini lantaran tubuh kita dapat merubah senyawa carotenoid menjadi vitamin A yang turut berperan dalam pembentukan sistem imun tubuh.

5. Kiwi

Buah kiwi dikenal baik untuk mata dan juga sistem pencernaan, namun buah yang dagingnya berwarna hijau ini juga mampu menambah imun tubuh. Hal ini berkat kandungan vitamin C yang cukup tinggi bahkan 2 hingga 3 buah kiwi sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian kita.

6. Mangga

Sama halnya seperti buah pepaya, buah mangga juga mengandung senyawa carotenoid yang nantinya akan diubah tubuh menjadi vitamin A. Namun selain itu, mangga juga mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan sangat baik guna memperkuat sistem kekebalan tubuh.

7. Delima

Tidak hanya kaya akan vitamin C, buah delima juga mengandung beragam nutrisi yang dapat digunakan tubuh sebagai penambah imun seperti karbohidrat, protein, serat, dan multivitamin lainnya. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila delima termasuk buah-buahn penambah imun tubuh yang wajib kamu coba.

Claudia