blank
Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin mengecek senjata api 26 Polsek di lapangan tenis Mapolres, Senin 15/8.(Foto:SB/Humas Polres)

KEBUMEN (SUARABARU.ID)– Polres Kebumen kembali melakukan pengecekan senjata api inventaris seluruh Polsek jajaran.

Kapolres AKBP Burhanuddin mengecek langsung senjata api inventaris 26 Polsek dalam kegiatan penegakan ketertiban dan kedisiplinan (Gaktiblin) di kompleks Mapolres Jalan Tentara Pelajar, Senin (15/8).

Pengecekan dilakukan di lapangan indoor tenis Polres Kebumen. Seluruh senjata api yang ada di 26 Polsek dikeluarkan dari gudang senjata dan dikumpulkan, selanjutnya diapelkan dan dicek satu persatu.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin menjelaskan, pengecekan dilakukan untuk mengetahui kebersihan, kondisi senjata api, agar siap untuk digunakan kapan saja apabila dibutuhkan.

“Tolong dirawat, dibersihkan. Gunakan senjata api sesuai dengan SOP,”ujar AKBP Burhanuddin didampingi Wakapolres Kompol Bakti Kautsar Ali.

blank
Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin didampingi Kabaglog AKP Tamzil Mardiyono mengecek senjata api Polsek yang diapelkan di Mapolres Senin 16/8.(Foto:SB/Humas Polres)

Kapolres juga berpesan agar penggunaan senjata api saat digunakan bertugas harus tertib administrasi serta tercatat pada buku registrasi bon pinjam senjata api.

“Ditulis keluar masuknya senjata. Jam berapa senjata api itu keluar, lalu jam berapa senjata api itu kembali. Dicek juga jumlah amunisinya,”kata AKBP Burhaanuddin.

Kabag Logistik Polres AKP Tamzil Mardiyono menambahkan, pengecekan senjata api dilakukan secara berkala sedikitnya setahun 2 kali. Pengecekan tersebut sekaligus untuk mengetahui kondisi sparepart dari tiap-tiap senjata api.

“Pengecekan senjata api ini sekaligus perawatan. Kita cek satu persatu bagaimana kondisinya sehingga kami berharap, senjata itu selalu ready digunakan untuk tugas,”terang AKP Tamzil.

Komper Wardopo