blank
Aneka jenis snack menu kuliner Jajan Pasar, disajikan kepada para peserta gerak jalan sehat acara Tujuhbelasan warga RT 01/RW 04 Lingkungan Cubluk, Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.(SB/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Acara Tujuhbelasan warga masyarakat RT 01/RW 04 Lingkungan Cubluk, Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Minggu (14/8), digelar dalam kemasan yang unik.

Betapa tidak ? Karena disajikan menu kuliner tradisional Jajan Pasar. Yakni aneka macam snack atau makanan ringan, yang lazim dijual di pasar tradisional. Jenisnya ada bakmi pentil, lentho, klenyem, singkong dan pisang rebus, pisang dan singkong goreng, nagasari, karang gesing, arem-arem, aneka kue, dawet cendol, minuman teh dan air mineral.

Abdi Dalem Keranton Surakarta, Raden Tumenggung (RT) Purnomo Tondonagoro, menyatakan, dalam pemahaman Kejawen, Jajan Pasar dijadikan kelengkapan sesaji ‘arak-arakan’ pada kenduri selamatan. Sebagai sarana berdoa untuk memohon kelimpahan rezeki kepada Tuhan.

Tapi untuk acara Tujuhbelasan, menu kuliner Jajan Pasar tersebut, disuguhkan kepada warga masyarakat yang melaksanakan gerak jalan sehat bersama, sebagai bentuk local wisdom kecintaan pada potensi makanan tradisional.

Menu kuliner Jajan Pasar, juga disuguhkan kepada peserta lomba ketangkasan memukul air dengan mata ditutup, dan adu cepat makan krupuk yang digantungkan pada tali dengan kedua tangan berada di belakang.

Ketua DPRD

Panitia Tujuhbelasan, Aris Prabowo, menyatakan, kepada peserta jalan sehat dan pemenang lomba, diberikan aneka doorprize dan hadiah kejuaraan. Jenisnya ada hadiah ayam hidup, berbagai peralatan elektronik dan bingkisan lain yang menarik. Jalan sehat bersama diberangkatkan oleh Sesepuh Kampung, Slamet SAg. Penyerahan hadiah ayam oleh Budi Irianto.

blank
Budi Irianto (kanan), tokoh masyarakat RT 01/RW 04 Lingkungan Cubluk, Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, menyerahkan doorprize hadiah ayam hidup kepada peserta jalan sehat.(SB/Bambang Pur)

Gerak jalan sehat dan aneka lomba Tujuhbelasan memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77, Minggu (14/8), juga digelar oleh Pemerintah Kelurahan Giritirto, Giripurwo dan Wonokarto, di wilayah Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Tokoh Masyarakat Wonokarto RT 01/RW 09, Suryanto, menyatakan, gerak jalan sehat, senam bersama dan lomba aneka ketangkasan tradisional, dibuka resmi oleh Ketua DPRD Wonogiri, Sriyono SPd.

Panitia menyediakan aneka hadiah menarik baik yang diundi sebagai doorprize peserta jalan sehat dan senam bersama, serta hadiah untuk para pemenang lomba Gebuk Banyu, Mewarnai, Makan Krupuk dan Paku Botol.

Aneka kegiatan Tujuhbelasan yang sama, juga dilaksanakan di Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. ”Berlangsung meriah,” ujar Ketua RT 03/RW 04 Lingkungan Salak, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Sriyanto Kembo.

Bambang Pur