blank
Panitia milad dan mahasiswa PGSD Unimma berfoto bersama, beberapa hari lalu. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID) –Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Magelang, Imam Baihaqi SPd MPd, berharap mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Magelang tidak hanya menguasai keahlian dalam bidangnya saja, tetapi juga mampu untuk menjawab tantangan masa depan khususnya dalam bidang digitalisasi. Harapan itu diucapkan dalam pembukaan Milad ke-10 PGSD di auditorium kampus I Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma), beberapa hari lalu.

Pada acara dengan tema “Merdeka Belajar Merdeka Berkarya” itu dia mengapresiasi mahasiswa PGSD yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan milad. Bermacam kegiatannya dilakukan di sekitar kampus.

Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Magelang, Puguh Widiyanto SKP MKep, dalam acara yang sama memiliki harapan lulusan PGSD tidak hanya mengajar saja. Peran guru SD juga sangat penting dalam pembentukan karakter yang baik terhadap siswanya.

Kaprodi PGSD, Agristo Bintang Aji Pradana, saat membuka seminar milad mengingatkan mahasiswa jangan sampai kalah dengan anak-anak dari narasumber yang dihadirkan. Seminar dengan tema “Merdeka Belajar, Merdeka Berkarya” diikuti dosen, tamu undangan, alumni, serta mahasiswa semester III, V dan VII. Ada tiga anak sebagai narasumber.

Sementara Wakil Dekan Unimma, Arif Wiyat, pun memberikan apresiasi. PGSD Unimma telah berdiri selama satu dekade. Dia sangat bangga, semoga prodi PGSD mampu menjaga eksistensi dan kepercayaan masyarakat, serta mampu menghadirkan generasi berkualitas. Banyak tatakrama dan inovasi yang dihadirkan

“Prodi PGSD menjadi 20 persen bagian dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang,” ujar Arif Wiyat.

Dalam acara pembukaan milad dilakukan penjurian lomba tari dari tiga grand finalis. Diawali dengan penampilan Tari Bangkit dari SDN Cacaban 3, setelah itu dilanjutkan dengan penampilan Tari Piring dari SDN Windusari, dan yang terakhir adalah penampilan Tari Bebek dari SDN Potrobangsan 3. Dari penampilan tersebut, juara pertama diraih oleh SDN Potrobangsan 3.

Acara pembukaan milad juga dimeriahkan dengan pameran luaran mata kuliah dari semester III sampai VII. Selain itu, ada beberapa stan produk UMKM yang digelar di halaman kampus I.

Semarak milad PGSD tahun ini juga mengadakan jalan sehat sebagai rangkaian milad satu dekade yang diikuti oleh seluruh mahasiswa dan dosen Prodi PGSD.

Eko Priyono