pedagang pasar rejowinangun
Menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI, para pedagang Pasar Rejowinangun Kota Magelang menghiasi lorong-lorong tempat jualannya dengan pernak-pernik bernuansa Merah Putih. Foto: W. Cahyono

MAGELANG (SUARABARU.ID)-  Menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI, para pedagang Pasar Rejowinangun Kota Magelang mempersiapkan diri untuk memeriahkannyaI dengan menghias seluruh blok yang ada di pasar tersebut.

Mereka menghias dengan berbagai macam pernak-pernik dan juga hiasan bernuansa  Merah Putih.

Selain itu, para pedagang menghias masing-masing los dagangannya sesuai dengan barang yang dijualnya. Seperti los daging sapi dan kambing dihias dengan replika sapi dan kambing yang terbuat dari kertas. Begitu juga dengan los daging ayam dihias dengan replika ayam dan lainnya.

“Semua yang dilakukan para pedagang Pasar Rejowinangun ini, untuk memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI,” kata penggagas kegiatan sekaligus petugas Keamanan Pasar dari Polsek Magelang Selatan Brigadir Kepala (Bripka), Mat Rony kepada wartawan, Rabu ( 10/8/2022).

Rony mengatakan, pemasangan replika macam –macam barang yang dijual di masing-masing los Pasar Rejowinangun tersebut.

Menurutnya, hiasan pernak-pernik HUT kemerdekaan tersebut juga bertujuan  menarik perhatian calon pembeli di pasar terbesar di Kota Magelang.

“Selama hampir dua tahun terpuruk akibat pandemic  covid- 19,  para pedagang menghiasi los dagangannya dengan segala pernak-pernik,  untuk meningkatkan kembali roda perekonomian di pasas ini,” kata Rony.

Ia menambahkan, partisipasi para pedagang Pasar Rejowinangun  untuk memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI sangat tinggi. Terlihat mereka secara bergotong –royong menghias los dagangannya.

“Bahkan mereka dengan kesadaran tinggi secara ‘patungan’ dan menyisihkan sedikit uang hasil dagangannya untuk membeli pernak-pernik menyambut HUT kemerdekaan tersebut,” kata Rony yang juga sebagai petugas Polsek Magelang Selatan yang ditugaskan sebagai keamanan pasar itu.

Rony menjelaskan, bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus mendatang, para  pedagang di Pasar Rejowinangun Kota Magelang  akan melaksanakan upacara peringatan HUT kemerdekaan di lingkungan pasar yang pernah terbakar 26 Juni 2008 silam.

Pada peringatan HUT kemerdekaan tersebut, mereka juga akan mengisi peringatan 17 –an tersebut dengan berbagai macam atraksi kesenian.

Rosidah, salah satu pedagang daging sapi di Pasar Rejowinangun Kota Magelang mengatakan, para pedagang sejak seminggu lalu telah mempersiapkan diri memeriahkan HUT Kemerdekaan RI dengan memasang segala macam pernak-pernik bernuansa merah putih.

‘ Sejak seminggu lalu, kami secara bergotong-royong mempersiapkan menyambut HUT Kemerdekaan RI dengan memasang pernak-pernik di seluruh los dagangan,” kata Rosidah.

Ia juga mengaku, untuk membeli segala macam pernak-pernik tersebut uangnya berasal dari iuran masing-masing pedagang di masing-masing paguyuban los.  W. Cahyono