blank
BPBD Kabupaten Wonogiri menggelar kegiatan peningkatan kapasitas relawan disabilitas dan relawan FPRB. Kegiatan ini digelar di ruang pertemuan BPBD Wonogiri.(Dok.BPBD Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, menggelar kegiatan peningkatan kapasitas bagi relawan disabilitas dan relawan dari Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB).

Kepala BPBD Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, semalam, menyatakan, kegiatan dilaksanakan di ruang pertemuan BPBD Kabupaten Wonogiri. Diikuti oleh 40 peserta, terdiri atas 30 relawan disabilitas (anggota Unit Layanan Disabilitas dan Inklusi/Unit LIDI Penanggulangan Bencana) Kabupaten Wonogiri, dan 10 perwakilan Komunitas Organisasi Kemanusiaan/Kebencanaan yang tergabung di FPRB.

Tampil menjadi fasilitator/narasumber Tim BPBD Kabupaten Wonogiri dan Ketua FPRB Kabupaten Wonogiri. Materi yang disampaikan terdiri atas manajemen dasar penanggulangan bencana, identifikasi kerawanan bencana di wilayah, peran FPRB dalam penanggulangan bencana, pengurangan resiko bencana berbasis inklusi, dan dinamika kelompok.

Bambang Haryanto, menyatakan, kegiatan ini bertujuan memberikan ruang kesempatan kepada para relawan disabilitas, untuk dapat berperan secara aktif dalam kegiatan penanggulangan bencana di wilayah.

Juga sebagai wahana dalam membangun kemandirian serta memupuk nilai kerelawanan, agar terwujud kebersamaan tanpa melihat keterbatasan. ”Utamanya dalam setiap kegiatan penanggulangan bencana,” tandas Bambang Haryanto.

Bambang Pur