blank
Masyarakat pengunjung CFD Kota Solo, ikut berpartiasipasi menggoreskan lukisan di media giant billboard yang disediakan para mahasiswa Prodik DKV ISI Surakarta.(Dok.DKV ISI Surakarta)

SOLO (SUARABARU.ID) – Unik, ini yang dilakukan para mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) dalam memperingati Dies Natalies Ke-58 Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Yakni dengan menggelar aksi spektakuler lewat Doodle Art di Jalan Slamet Riyadi Kota Solo.

Doodle Art adalah suatu gaya menggambar dengan cara mencoret, terlihat abstract, ada yang tidak bermakna dan juga ada yang bermakna. Beragam karya yang dihasilkan tidak memiliki bentuk yang benar, namun terlihat unik dan menarik.

Dosen ISI Surakarta, Basnendar Herry Prilosadoso, Senin (18/7), menyatakan, dalam aksi spektakuler tersebut, para mahasiswa memajang media triplek berukuran besar (giant billboard) lebar 244 CM dan panjang 610 CM. Yang pengerjaannya dilakukan secara bersama-sama oleh para mahasiswa Prodi DKV Fakultas Seni Rupa Desain (FSRD) ISI Surakarta.

Beragam karya seni, digoreskan dengan cat warna putih di media giant billboard tersebut. Yaitu berupa gambar aneka aktivitas manusia, ikon Nusantara, lukisan simbol suku budaya, motif, dan beragam simbol keberagaman yang ada di Tanah Air.

”Ini sebagai karya nyata para mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta, dalam ikut memperingati Dies Natalies ISI Surakarta yang Ke-58 Tahun 2022,” jelas Basnendar.

Ikut Berpartisipasi

Para pengunjung Car Free Day (CFD) Minggu (17/7) di ruas Jalan Protokol Slamet Riyadi, Solo, ikut serta berpartisipasi menggoreskan kuas cat di media triplek tersebut. Sebagaimana dilakukan oleh Baskarabumi HAJ misalnya.

Bocah berusia 8 tahun yang menyandang status sebagai siswa Kelas 3 SD Muhammadiyah I Ketelan Surakarta itu, sangat antusias menggoreskan garis-garis di billboard untuk melengkapi doodle art karya mahasiswa.

Karya dari sepuluh mahasiswa Angkatan 2021, dengan background warna hitam plus goresan garis warna putih yang kontras dari media cat tembok, ikut menjadi wujud dukungan civitas akademik Prodi DKV dalam memperingati Dies Natalies ISI Surakarta Ke-58.

Koordinator Kegiatan, Fatika Fajar Priana, yang juga Mahasiswa Angkatan 2021, menyatakan, masyarakat pengunjung CFD juga turut serta menggoreskan cat untuk menggambar. Ini sebagai media penyaluran berekspresi. Sekaligus sebagai bentuk partisipasi dalam ikut mengayubagyo peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-58 ISI Surakarta.

Kaprodi DKV FSRD ISI Surakarta, Asmoro Nurhadi Panindias, ikut hadir dalam gelaran event unik tersebut. Dia menjelaskan, aksi ini bertujuan untuk memberi ruang bagi masyarakat luas, guna ikut mengekspresikan lewat goresan gambar. Ini sekaligus menjadi media untuk lebih mengenalkan ISI Surakarta ke publik.

Bambang Pur