blank
Dandim 0728/Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto (deret depan kedua dari kanan) tengah menanam pohon Ekalyptus di Hutan Donoloyo, Slogohimo, Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dalam turut serta mendukung pelestarian alam, Senin (18/7), jajaran Kodim 0728/Wonogiri memprakarsai gerakan massal tanam penghijauan. Kegiatan ini dilakukan dengan menggandeng para aparat, pamong desa serta elemen masyarakat dari berbagai komunitas.

Lokasinya di kawasan Donoloyo, yakni area Hutan Jati cagar alam legendaris, yang terletak di Desa Watusomo, Kecamatan Slogohimo (sekitar 50 Kilometer arah timur Ibukota Kabupaten Wonogiri).

Kegiatan ini, didahului dengan melaksanakan apel yang dipimpin langsung oleh Dandim 0728/Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto. Dalam kesempatan tersebut, Dandim mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, yang turut serta bekerjasama dan berpartisipasi mendukung terselenggaranya gerakan massal penanaman pohon penghijauan ini.

Dandim, mengatakan, dengan gerakan massal penanaman pohon penghijauan yang dilakukan ini, bermanfaat sebagai sarana berkomunikasi untuk mempererat tali silaturahmi dengan elemen masyarakat. ”Juga menjadi wujud nyata dalam ikut berkontribusi dalam melestarikan lingkungan dan menjaga cagar alam.

Selain itu, kegiatan ini dilakukan juga sebagai sarana edukasi kepada masyarakat, utamanya pada generasi muda. Untuk menumbuhkan kesadaran sejak dini, tentang pentingnya kepedulian menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

Menjaga dan Merawat

Dandim Letkol (Inf) Deny Octavianto, minta, selain melaksanakan penanaman pohon, juga harus dibarengi tindakan bersama-sama menjaga dan merawat bibit pohon yang ditanam. Sehingga dapat tumbuh dan berkembang. Agar keberadaannya dapat bernilai dan bermanfaat untuk masa sekarang dan masa yang akan datang.

Turut hadir dalam penghijauan tersebut, Anggota DPRD Wonogiri, Suyoto, Camat Slogohimo, Agus Pramono, Danramil-22/Slogohimo Kapten (Inf) Prahwoto, Kapolsek AKP Paimin. Juga hadir Kepala Puskesmas Kecamatan Slogohimo, aparat dari BKSDA SWK Surakarta, para Penyuluh Kehutanan, Pimpinan RPH Hutan Donoloyo dan elemen masyarakat lainnya.

Sementara itu, Camat Agus Pramono, atas nama pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa dan masyarakat, sangat memberikan apresiasi khususnya kepada Kodim 0728/Wonogiri. Yang telah peduli melaksanakan program penghijauan dengan menyediakan bibit pohon dalam jumlah yang sangat banyak. Kepada semua pihak yang terkait, diajak untuk memberikan dukungan sepenuhanya demi suksesnya gerakan penghijauan ini.

Setelah selesai melaksanakan apel, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bibit tanaman dan penanaman yang dipimpin langsung oleh Dandim beserta jajaran Forkopincam Slogohimo bersama seluruh hadirin.

Penerangan Kodim (Pendim) 0782 Wonogiri Pelda Indra, menyebutkan, jumlah pohon yang ditanam sebanyak 1.000 bibit. Penanamannya juga melibatkan para aparat pemerintah kecematan dan pemerintah desa, bersama para relawan dari Senkom, Satgas MTA, ICW, Pawon Mas, Imapres, Saka Wira Kartika distrik Purwantoro, dan para pelajar serta pemuda Karangtaruna Desa Watusomo.

Bambang Pur