blank
Pengasuh Takmir Mushala At Thahiriyah Kawedusan Kebumen H Najib bersama petugas jagal dan warga menyaksikan persiapan pemotongan hewan kurban.(Foto:SB/Mushala At Thahiriyah)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Hari Raya Idul Adha 1443 Minggu (10/7) Panitia hewan kurban Mushala At Thahriyah Desa Kawedusan RT 04 RW 1 Kebumen memotong 2 ekor sapi dan 5 ekor kambing.

Menurut Ketau Panitia Suhantoro, pihaknya menerima hewan kurban 2 ekor sapi dan 5 ekor Kambing dai warga. Pemotongan hewan kurban dilaksanakan hari Minggu, atau selesai Shalat Id, di lingkungan Mushalla At Thahiriyah.

Sebelum memotong hewan kurban, jamah mushala tersebut melaksanakan Tahlil . Pada pemotongan hewan kurban itu disaksikan oleh para pengorban serta masyarakat. Hadir pula Kepala Desa Kawedusan Aristanto, tokoh masyarakat H Romelan serta Pengasuh Mushala At Tahiriyah KH Drs Najib SH.

blank
Tukang jagal menyembelih hewan kurban di Mushala At Thahiriyah Kawedusan Kebumen,(Foto:SB/Mushala At Thahiriyah)

Menurut Najib, sehabis pemotongan hewan kurban tersebut, daging sapi dan kambing didistribusikan ke lingkungan RT 04 dan RT 05 RW I Desa Kawedusan serta beberapa tokoh masyarakat setempat.

Jumlah Hewan Kurban 12 Ekor Sapi

“Tradisi berkurban jamaah mushala dan warga RT ini sudah berjalan baik sesuai ajaran Islam dan daging kurban langsung kita bagikan ke warga dua RT serta kasepuhan,”ujar Najib.

Sementara itu Takmir Masjid Rhoudlotul Huda Desa Kawedusan RT 1 Muhdir menjelaskan, pihaknya pada Idul Adha 2022 ini bisa memotong 4 ekor sapi dan 13 ekor kambing. Takmir selanjutnya membagikan daging kurban kepada warga di empat RT di RW 01.

Sedangkan Ketua Takmir Masjid Nurul Iman RW 02 Kawedusan Fatachul Chusen MPdI menjelaskan, pada Idul Adha 1443 H ini pihaknya memotong 6 ekor sapi dan 14 ekor kambing dari jamaah dan warga RW 02 Desa Kawedusan. Daging kurban juga didistribusikanke seluruh warga RW 02.

Dengan demikian jumlah hewan kurban dari warga Desa Kawedusan, Kecamatan Kebumen, meliputi dua RW, pada Idul Adha tahun ini ini seluruhnya 12 ekor sapi dan 32 ekor kambing.

Komper Wardopo