blank
PENGISIAN - Truk tangki tengah melakukan pengisian solar di salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan (SPBUN) di Kota Tegal. (foto: istimewa)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Pertamina terus berkomitmen untuk menyalurkan bahan bakar mesin (BBM) bersubsidi jenis solar bagi masyarakat nelayan, khususnya di Kota Tegal. Hal tersebut ditegaskan Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho dalam siaran pers tertulis, Kamis (07/072022) di Semarang.

“Terdapat tiga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan (SPBUN) di Tegal yang mendapatkan rekomendasi untuk menyalurkan solar subsidi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Tegal, yaitu SPBUN Larangan, SPBUN Blanak dan SPBUN di kawasan Pelindo III,” ungkap Brasto melalui keterangan tertulis.

Brasto juga menjelaskan bahwa sesuai Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 191 tahun 2014, hanya kapal di bawah 30 gross ton (GT) yang diperkenankan membeli Solar subsidi di SPBUN. “Bagi nelayan dengan kapal di atas 30 GT dapat mengisi Dexlite (BBM nonsubsidi) di SPBUN Blanak atau bila ingin tetap produk solar dapat menghubungi agen penyalur resmi BBM industri kami yang tersedia di setiap kawasan nelayan,“ imbuh Brasto.

Solar yang tersedia di agen BBM industri merupakan produk BBM Industri yang harganya telah disesuaikan dengan kondisi harga minyak dunia atau merupakan harga keekonomian dengan tetap mengedepankan penetapan harga secara kompetitif. “Terdapat pelayanan lebih untuk pembelian solar industri bagi nelayan dengan kapal di atas 30 GT,” pungkas Brasto.

Nelayan dengan kapal di atas 30 GT yang membeli produk Dexlite di SPBUN diharuskan menggunakan drum (yang sesuai standar keamanan) serta SPBUN memiliki jam operasional dari jam 08.00-18.00 setiap harinya. Adapun pembelian melalui agen BBM industri langsung diantar hingga pinggir pelabuhan melalui mobil tangki BBM dan tersedia selama 24 jam.

Brasto menekankan bahwa Pertamina akan terus melakukan koordinasi dengan lembaga-lembaga penyalur seperti SPBUN dan agen penyalur BBM Industri agar penyaluran BBM khususnya solar bagi nelayan dapat terpenuhi sesuai dengan kebutuhan.

“Bagi masyarakat dan konsumen yang membutuhkan informasi seputar produk dan layanan yang lainnya, dapat menghubungi Pertamina Call Center di nomor 135 atau melalui aplikasi MyPertamina maupun website www.pertamina.com,” pungkasnya.

Sutrisno