blank
Motor-motor baru untuk para petugas Dishub Kudus yang bertugas mengawal dan mengamankan Bupati. Foto:Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID)– Aparat Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus yang bertugas melakukan pengawalan dan pengamanan Bupati kini memiliki tunggangan baru.Ini setelah Dishub Kudus membeli sembilan unit motor jenis Yamaha Vixion R yang totalnya menghabiskan anggaran Rp 280,5 juta.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus Catur Sulistiyanto menyampaikan, sembilan motor tersebut akan diberikan pada petugas yang ada di lapangan.

”Karena selama ini beberapa petugas kami yang dilapangan kan menggunakan kendaraan sendiri ya, nah kemarin Pak Bupati merasa kasihan karena operasionalnya kan ditanggung sendiri kalau kendaraan pribadi, akhirnya kami diminta untuk menganggarkan kendaraan dinas ini,” kata dia Rabu (6/7).

Setelah diberikan motor dinas ini, Catur berharap bisa mengurangi beban biaya operasional petugas di lapangan bila menggunakan kendaraan sendiri.

”Kalau motor dinas kan biaya operasionalnya dari dinas, jadi mereka tinggal merawatnya saja,” pungkas Catur.

Bupati Kudus HM Hartopo pun berharap dengan adanya kendaraan dinas baru ini, para petugas bisa lebih maksimal lagi dalam menjalankan tugasnya. Entah itu saat mengawalnya ataupun mengawal pejabat lainnya.

”Kami pesan untuk bisa dirawat dengan baik dan benar, jangan lupa dilakukan pengecekan berkala agar kendaraannya tetap awet,” tandasnya.

Selain pengecekan berkala, petugas juga ditekankan untuk mematuhi standart operasional prosedur (SOP) saat melaksanakan pengawalan. Jangan sampai ketika ada pengawalan, ada petugas yang melanggar SOP.

”Nanti kalau ada yang melanggar dan ketahuan masyarakat tidak bisa mengelak nanti petugasnya,” imbuhnya.

Hartopo pun mendorong pihak Dinas Perhubungan untuk memberikan penghargaan kepada petugas yang bisa merawat motor dinasnya dengan baik. Penilaian, bisa dilakukan enam bulan sekali.

”Bisa nanti dikasih reward atau apalah sebagai penghargaan atas merawat kendaraan dengan baik,” pungkasnya.

Ali Bustomi