blank

JEPARA (SUARABARU.ID) – Setelah pada awal Juni 2022 mengikuti sosialiasi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang digelar oleh MGMP SMP Kabupaten Jepara, SMP Muhammadiyah Asy Syifa’ Blimbingrejo menyelenggarakan Bimbingan Teknis Kurikulum Merdeka bersama Pengawas Pembina Sekolah SMP, Joko Purwono, S.Pd. Bimbingan Teknis implementasi Kurikulum Merdeka diikuti oleh Dewan Guru SMP Muhammadiyah Asy Syifa’ Blimbingrejo yang mengampu mata pelajaran kelas 7.

Tahun Ajaran 2022/2023 seluruh sekolah di Jepara harus sudah menggunakan dua kurikulum. Kurikulum Merdeka diperuntukkan untuk SD sederajat kelas 1, SMP sederajat kelas 7, dan SMA sederajat kelas 10. Sedangkan untuk kelas di atasnya masih menggunakan K13.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah menyampaikan bahwa perubahan kurikulum itu sudah biasa dan justru itu suatu hal yang bagus karena pendidikan berjalan dinamis bukan statis sehingga perubahan-perubahan tentang kebijakan pelaksanaan pendidikan khususnya di tingkat SMP sangatlah diperlukan sejalan dengan perkembangan zaman.

Hal senada disampaikan oleh Joko Purwono, S.Pd yang menegaskan perubahan dalam dunia pendidikan itu sangatlah diperlukan dalam jangka paling tidak kurun waktu sepuluh tahun. Secara garis besar dalam paparannya ia menyampaikan bahwa guru dan sekolah tidak perlu khawatir akan perubahan kurikulum.

Pemerintah dalam hal ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah menyediakan layanan melalui website atau akun belajar yang dapat diakses oleh seluruh guru di Indonesia. Para guru diharapkan dapat ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) sehingga menjadi faktor kompetensi guru dalam meningkatkan kapasitasnya sebagai pendidik.

Bimbingan Teknis berjalan secara aktif mengingat ada partisipasi dari beberapa guru yang berkaitan dengan implementasi kurikulum merdeka itu sendiri. Diantaranya Risa Dhalia yang menyampaikan bahwa ada sedikit substansi yang berbeda di perangkat pembelajarannya. Demikian juga  Yenny,  sebagai guru mapel Bahasa Inggris menyampaikan bahwa guru perlu belajar lagi mengenai kurikulum yang baru ini.

Hadepe – Arya