blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih bersama para pencari kerja pada job fair Kebumen International Expo.(Foto:SB/Kominfo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Even Kebumen International Expo (KIE) penyelenggara bersama Pemkab membuka Job Fair atau sebuah wadah yang mempertemukan antara pencari kerja (jobseeker) dengan pemberi kerja (perusahaan).

Kegiatan itu berlangsung di halaman Gedung Setda Kebumen, Rabu (29/6) sampai Kamis (30/6). Job fair itu menyediakan 8.287 lowongan pekerjaan untuk para pelamar dengan menghadirkan 20 perusahaan dari berbagai daerah.

“Tujuan dari KIE ini adalah menumbuhkan ekonomi masyarakat, sehingga Job Fair ini merupakan upaya pemerintah guna mengurangi angka pengangguran dengan memfasilitasi penyediaan lowongan pekerjaan bagi masyarakat,”ujar Bupati Kebumen Arif Sugiyanto saat meninjau Job Fair.

blank
Para pencari kerja antre memasukkan lamaran kerja pada job fair di Kebumen International Expo di halaman Setda.(Foto:SB/Kominfo)

Menurut Bupati, masyarakat bisa langsung datang ke lokasi untuk mencari pekerjaan sesuai dengan kejuruannya. Ada beberapa perusahaan yang langsung melaksanakan seleksi tes wawancara kepada pelamar, yaitu perusahaan BPR Nasari dan Alfamart.

“Silakan bagi masyarakat yang ingin mencari pekerjaan bisa langsung datang ke sini, kita menyediakan 8.287 lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan,”tuturnya.

Bupati menyampaikan, guna meningkatan perekonomian masyarakat, pihaknya bakal membangun kawasan industri berikat di Gombong dengan mendatangkan investor dari Korea Selatan. Pembangunan kawasan industri berikat ini bakal menyerap ribuan tenaga kerja.

Langsung Datang ke Lokasi

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kebumen Amin Rahmanurasjid menyampaikan, Job Fair KIE berlangsung dua hari sampai Kamis 30 Juni 2022. Para pelamar bisa langsung datang ke lokasi dengan membawa data identitas diri, CV, dan juga beberapa keperluan lain seperti pas foto.

“Pelamar tidak harus orang Kebumen, luar daerah pun bisa datang mendaftar. Peserta juga bisa melamar tidak hanya di satu perusahaan tapi juga perusahaan lain,”terang Amin.

Mengingat keterbatasan tempat, Job Fair juga digelar secara online melalui aplikasi e MAKARYO Jateng, kemudian pencari kerja bisa datang ke lokasi Job Fair di Kebumen untuk melamar kerja.

Pekerjaan diperuntukan untuk tamatan SMA sederajat sampai Sarjana. Adapun job posisinya beragam, ada marketing, teknisi, customer service, programer, kasir, staf ahli, sampai cleaning service.

Sampai Rabu (29/6) Pukul 15.00 WIB, jumlah pengunjung yang datang ke Job Fair KIE 2022 sebanyak 2.961 orang, adapun pelamar sebanyak 1.700 orang. Rata-rata pelamar adalah lulusan SMA/SMK sederat.

“Kebanyakan yang menyediakan lowongan pekerjaan dari perusahaan otomotif dan garmen idustri, serta ritel. Untuk umur minimal 18 tahun, dan batas maksimalnya diserahkan ke perusahaan masing-masing,”ucap Amin.

Komper Wardopo