blank
Para peserta pelatihan (Foto: Humas)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dalam rangka memberdayakan masyarakat disekitar PLTU sekaligus mewujudkan Tanggung Jawab dan Sosial Lingkungan, PLN UIK Tanjung Jati B menggelar Pelatihan Dan Sertifikasi K3 Operator Alat Berat Eskavator dan Mobile Crane.

blank
Jatie Kuncara saat memaparkan materi (Foto: Humas)

Kegiatan pelatihan dibuka oleh MSB ASP Kom dan Mum PLN UIK Tanjung Jati B, Jatie Kuncara.

Jatie mengungkapkan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu kepedulian PLN Tanjung Jati B terhadap masyarakat ring 1 sekitar PLTU, dengan memberikan pelatihan. “Juga tambahan pengalaman dan juga memperoleh sertifikat yang nanti dapat digunakan untuk dunia kerja kedepan.  Bagi yang sudah bekerja bisa juga untuk menambah CV untuk menaikkan level di tempat kerjanya untuk bisa lebih baik lagi,” ujarnya.

“Selama 4 hari kedepan, silakan diserap semua ilmunya, mudah-mudahan bisa lulus semua dalam teori dan praktek sehingga bisa menambah keterampilan adik-adik sehingga bermanfaat kedepan untuk menambah kompetensi dan keahlian dalam bekerja nantinya.” ujar Jatie dalam sambutannya.

Kepala Satuan Pengawas Ketenagakerjaan Wilayah Pati, Muktiati. SKM, MKes yang juga hadir menjelaskan bahwa saat ini dalam rangka memenuhi kualifikasi untuk operator terutama pesawat angkat dan angkut, dengan adanya regulasi mengenai SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) diharapkan semua pekerja / setiap pekerja mempunyai kompetensi.

Kompetensi tersebut ditunjukkan dengan adanya sertifikat dan lisensi. “Kita berbangga dan berterima kasih kepada PLN UIK Tanjung Jati B yang telah memberikan bantuan Pelatihan Dan Sertifikasi K3 Operator Alat Berat ini, pelatihan ini memang sangat bermanfaat terutama untuk warga ring 1 PLTU.

Untuk peluang kerja operator alat berat ini tidak hanya di PLTU saja, tapi bisa melamar ke perusahaan manapun, jangan hanya terpacu di PLTU.  Sertifikat dan lisensi kita ini bahkan diakui dinegara tetangga, Saudi Arabia.” Tutur Muktiati.

Pelatihan diikuti oleh total 40 orang peserta, Pelatihan dan Sertifikasi K3 Operator Alat Berat ini dibagi menjadi 2 bagian, yaitu Pelatihan dan Sertifikasi K3 Operator Alat Berat Eskavator dan Pelatihan dan Sertifikasi K3 Operator Alat Berat Mobile Crane, masing-masing berlangsung selama 3 hari pembelajaran materi teori di ruang rapat Kartini PLN UIK Tanjung Jati B dan 1 hari praktek lapangan pengoperasian alat berat Eskavator dan Mobile Crane di laydown area PLTU Tanjung Jati B.

Program TJSL ini pemberdayaan masyarakat berupa pelatihan dan sertifikasi keterampilan ini sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGD) point 4 yaitu Quality Education.

Hadepe – Alvaros