blank
TERPILIH - Eko Susanto terpilih menjadi Ketua DPC HNSI Kota Tegal periode 2022-2027. (foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Eko Susanto akhirnya secara aklamasi terpilih menjadi ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Tegal Periode 2022-2027 melalui Musyawarah Cabang (Muscab) di Gedung KUD Karya Mina, Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Kamis (23/6/2022).

Muscab DPC HNSI Kota Tegal dibuka oleh Wali Kota Tegal, H Dedy Yon Supriono. Setelah terpilih, Eko Susanto dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua DPD HNSI Provinsi Jawa Tengah, Riswanto.

Usai dilantik Eko Susanto yang juga Anggota DPRD Kota Tegal mengatakan, bahwa selama ini pemerintah baik daerah maupun pusat belum hadir ditengah-tengah nelayan.

Kami berharap ada kehadiran dari pemerintah kepada nelayan. Istilahnya ada intervensi harga ikan atau apalah. Kalau dipetani kan ada intervensi gabah dengan Bulognya. “Kalau kita di nelayan sama sekali tidak ada intervensi apa pun, diserahkan langsung ke pasar. Padahal biaya operasional yang saat ini harga BBM melambung tinggi. Masih was-was bisa dapat ikan apa tidak,” kata Eko.

Eko berharap pemerintah baik daerah maupun pusat hadir memberi semacam kehangatan kepada nelayan. Selama ini pemerintah belum hadir. “Artinya pemerintah belum ada intervensi terhadap harga ikan. Kita murni harga pasar,” pungkas Eko.

Ketua DPD HNSI Provinsi Jawa Tengah, Riswanto mendorong pemerintah melalui Wali Kota Tegal, terkait janji yang akan melakukan pengadaan mobil kebakaran dan Tagbud pemadam kebakaran untuk di kawasan Pelabuhan. “Kami berharap Wali Kota Tegal segera merealisasikannya,” pungkasnya.

Sutrisno