blank
Keluarga besar Paseduluran Saklawase Kodim 0728 Wonogiri, menggelar temu kangen dalam upaya mempererat tali silaturahmi sesama anggota dan keluarganya.(Dok.Paseduluran Saklawase)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Keluarga dan para purnawirawan Kodim 0728/Wonogiri yang tergabung dalam komunitas ‘Paseduluran Saklawase’ (Bersaudara Selamanya), menggelar pertemuan untuk memperat tali silaturahmi.

Begug Suwarman dari Komunitas Paseduluran Saklawase, semalam, mengatakan, pertemuan digelar Minggu (19/6) di ‘Sari Raras-1’ Desa Sendang, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri.

Di lokasi pertemuan yang berada di bibir barat perairan Waduk Gajahmungkur itu, dihadiri banyak anggota paguyuban. Ada yang datang berpasangan suami-istri, dan ada yang sendiri karena pasangannya sudah meninggal. ”Acara ini bisa dibilang sebagai reuni,” tutur Begug Suwarman.

Mereka ini merupakan anggota Keluarga Besar Tentara (KBT) yang datang dari wilayah se Solo Raya dan dari Provinsi Jatim, termasuk prajurit yang masih aktif berdinas yang statusnya telah pindah satuan karena kini bertugas di luar Wonogiri.

Acara temu kangen ini, menggugah kenangan masa lalu semasa mereka masih aktif berdinas. Demikian dikemukakan oleh Ketua Paguyuban Keluarga Besar Paseduluran Sak Lawase, Peltu (Purn) Rantimin. Tujuan pertemuan ini, tambahnya, untuk menjalin komunikasi dan mempererat tali silaturahmi.

Selama ini, tambah Rantimin, kontak komunikasi sehari-hari hanya lewat ponsel, dan baru kali ini bisa bertatap muka langsung. Sehingga dapat bernostalgia saling tukar informasi dan saling mengabarkan.

Balung Pisah

Group Paseduluran Sak Lawase dibentuk mulai 12 desember 2018, dan sampai saat ini telah bergabung 179 orang, baik yang sudah purna tugas maupun masih aktif dan yang pindah satuan.

Melalui wadah paguyuban, dilakukan upaya ‘ngumpulke balung apisah’ (mempersatukan kembali yang terpisah). Melalui Group WA, telah dimasukkan anggota yang sekarang telah memasuki Masa Persiapan Pensiun (MPP).

Acara temu kangen diawali dengan berdoa bersama yang dipimpin Kapten (Purn) Ridwan Atjo Amin, dilanjutkan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan pengucapan Pancasila. Pihak pengurus paguyuban, senantiasa minta saran dan masukan dari anggota, demi menumbuhkembangkan paguyuban.

Sesepuh Paguyuban, Kapten (Purn) Subagyo, menyatakan, hendaknya selalu bersyukur karena masih diberikan kesehatan lahir dan batin. ”Sehingga dapat saling berjumpa,” ujarnya sembari berharap agar jiwa korsa jangan pernah padam. Biar dimana berada, ada pepatah jauh di mata dekat di hati.

Dalam kesempatan tersebut hadirin memekikan yel-yel ”Kodim 0728/Wonogri – Satu jiwa, Jiwa korsa – tidak padam selamanya.” Kepada para purnawirawan yang pernah dinas di Kodim 0728/Wonogiri, terus digugah untuk bersatu dalam wadah Paseduluran Saklawase.

Pada kesempatan itu, juga diberikan ceramah tentang ibadah oleh Chusnul MB dari Samira Trafel Solo Raya. Motivator tour leader ini, menyampaikan tentang informasi keberangkatan Ibadah Umroh lewat Bandara Solo. ”Kami siap membantu kelancarannya,” ujarnya.

Sebelum kemudian diisi acara hiburan melantunkan aneka tembang dan bergoyang bersama dengan iringan organ tunggal dari Arsena Jaya.

Bambang Pur