blank
Kepala SDN 8 Suwawal, Rina Rochiana, saat menyerahkan STTD (Foto : Aksl)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dua satuan pendidikan setingkat yang lokasinya berdekatan, harus berkompetisi untuk menarik minat calon peserta didik atau orang tuanya. Bagi SDN 8 Suwawal, Kecamatan Mlonggo, prestasi yang diraih warga sekolah adalah nilai lebih untuk menghadapi kompetisi ini. Karena itulah, menyongosng masa pendaftaran calon peserta didik baru, deretan prestasi siswa disosialisasikan kepada masyarakat sekitar.

blank
Pentas seni siswa SDN 8 Suwawal (Foto : Asl)

“Berjarak sekitar 100 meter dari sekolah kami ada MI. Keberhasilan kami mengantarkan anak-anak meraih prestasi harus kami sampaikan kepada masyarakat sebagai laporan kinerja sekolah,” kata Kepala SDN 8 Suwawal, Rina Rochiana, Rabu (15/6/2022).

Momentum yang digunakan untuk sosialisasi prestasi siswa di antaranya pada acara pelepasan siswa. Selain orang tua siswa, acara yang dilangsungkan Rabu malam (15/6/2022) itu juga dihadiri tokoh masyarakat setempat, pengawas, hingga Koordinator Satkordik Kecamatan Mlonggo, Nuryadi.

blank
Siswa SDN 8 Suwawal, yang dilepas,

Saat memberi sambutan pada acara itulah, Rina menyampaikan sejumlah keberhasilan mengantarkan siswa  meraih prestasi membanggakan. Bahkan deretan prestasi hanya dalam satu tahun pelajaran terakhir sudah cukup panjang.

“Ananda Sukma Ayu Dewi Lestari adalah juara 1 tingkat kabupten cabang lomba Macapat Islami pada lomba Mata Pelajaran Agama Islam dan Seni Islami (Mapsi) tahun 2022. Sebelumnya dia juara 1 kecamatan,” kata Rina pada salah satu bagian sambutannya.

blank
Kepala SDN 8 Suwawal, Rina Rochiana, terima tali asih orang tua siswa sebagai ungkapan rasa terima kasih (Foto : Asl)

Berikutnya, Muhammad Yusrol Falah masuk 5 besar tingkat kabupaten dalam kompetisi sains nasional (KSN) bidang Matematika tahun 2021 yang diselenggarakan secara daring oleh Pusat Prestasi Nasional. Yusrol Falah sama bersama Fitrotul Putri Natasya dan Aulia Putri Ramadani juga menjadi juara 2 tingkat kabupaten pada Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kebudayaan dalam rangka Hari Museum Nasional tahun.

Pada ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Muhamad Iqbal Fathikul Niam masuk 5 besar cabang lomba menyanyi tunggal.

Selanjutnya Lailatul Septiyani bersama Ikhtiar Dias Hanafi dan Fitrotul Putri Natasya meraih juara harapan 3 LCC tingkat kabupaten yang diselenggarakan salah satu MTs di Jepara.

“Sedangkan pada Denpasar Mengajar Kompetition akhir tahun 2021, anak-anak kita meraih 4 medali emas, 6 perak, dan 3 perunggu. Itu baru satu tahun pelajaran. Sebelumnya anak-anak kita sering masuk 3 besar ujian sekolah tingkat kecamatan, bahkan sebagian anak-anak kita meraih nilai tertinggi,” tambahnya.

Sementara itu, sesi hiburan dalam acara pelepasan siswa itu menampilkan berbagai kreasis siswa. Selain para peraih juara, dipentaskan juga grup rebana sekolah, pantomim, parodi musik, hingga pentas drama.

Koordinator Satkordik Mlonggo Nuryadi dalam sambutannya mengapresiasi prestasi-prestasi tersebut. SDN 8 Suwawal dia sebut menjadi salah satu kebanggaan Satkordik Mlonggo.

Meski bersaing dengan satuan pendidikan satu jenjang yang jaraknya begitu dekat, SDN 8 Suwawal dia sebut tetap menjadi pilihan pertama masyarakat sekitar. Pada akhir tahun pelajaran 2021/2022, SD N 8 Suwawal melepas 19 siswa.

Hadepe – aksl