blank
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang melakukan audiensi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang. Foto: Dok/Humas Lapas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Menyambut Hari Donor Darah Sedunia, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang melakukan audiensi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang.

Kalapas Semarang, Tri Saptono Sambudji menyampaikan, Hari Donor Darah Sedunia ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun, dan PMI juga mempunyai agenda khusus untuk merayakannya.

“Inti dari perayaan ini mengingatkan kita bahwa darah itu penting, sehingga diperlukan orang-orang yang siap donor dengan memenuhi syarat. Selain memenuhi syarat, calon pendonor juga harus mempunyai kemauan untuk donor,” jelas Tri Saptono, Selasa (14/6/2022).

Kalapas mengatakan, pihaknya akan menyiapkan dan mengutamakan para pendonor, yakni pegawai yang masih muda dan kuat, mengingat saat ini ada 163 pegawai.

“Kami berharap dengan dilakukannya donor darah ini bisa menambah stok darah di PMI Kota Semarang dan membantu masyarakat yang membutuhkan darah,” kata Kalapas.

Sementara itu Sekretaris PMI, Eddy Herry Purnomo menyampaikan, pihaknya mempunyai program kerja diantaranya penggalangan dana kemanusiaan Bulan Dana PMI Tahun 2022, kegiatan donor darah dan kegiatan social lainnya.

”Kami mendorong dan mengajak kepada petugas Lapas untuk ikut mendonorkan darahnya guna membantu sesama,” ajak Eddy.

PMI Kota Semarang juga menggalang donasi kemanusiaan melalui Bulan Dana PMI. Hasil bulan dana digunakan untuk membantu meringankan beban masyarakat yang tertimpa bencana.

Lapas Semarang mendukung langkah itu, dengan harapan kedepan PMI bisa secara profesional lebih siap khususnya dalam ketersediaan darah untuk masyarakat yang sangat membutuhkan.

Ning Suparningsih