blank
Grup K-pop BTS. Foto: Instagram @bts.bighitofficial

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Para Anggota BTS membagikan pikiran mereka mengenai album baru yang dirilis pada hari ini Jumat (10/6/2022) yang bertajuk “Proof”.

Dilansir dari Soompi, “Proof” dirilis pada 10 Juni pukul 12.59 KST atau pukul 10.59 WIB, album “Proof” sendiri merupakan album antalogi tiga CD yang akan menampilkan tiga lagu baru bersamaan dengan lagu hit sebelumnya.

Perayaan ulang tahun ke-9 BTS yang akan datang, “Proof” akan merangkum diskografi bertingkat grup melalui trek yang dipilih secara probadi oleh para member BTS yang mencerminkan mereka pada masa lalu, sekarang, dan masa depan.

Baca Juga: BTS Umumkan Akan Rilis Album Terbaru di Bulan Juni Mendatang

Saat menunggu perilisan album, RM berkata, “Saya selalu gugup ketika kami merilis lagu baru untuk pertama kalinya. Saya harap banyak orang menyukainya.”

Leader BTS itu melanjutkan, “’Proof’ merupakan album spesial yang merangkum Bab 1 dari cerita BTS saat kami menghadapi ulang tahun kesembilan debut kami. Karena fokus dari album ini adalah pesan kami untuk para penggemar yang telah bersama kami selama sembilan tahun terakhir, kami sangat memperhatikan lirik kami.”

Sementara itu, Jin berkomentar, “Karena ‘Proof’ adalah album yang merangkum sejarah BTS, album ini terus mengingatkan kenangan yang berbeda dari sembilan tahun terakhir. Saya sendiri akan sering mendengarkannya.”

Baca Juga: BTS Borong 10 Penghargaan di Japan Gold Disc Awards ke-36

Dia menambahkan, “Karena ada lagu-lagu baru dan lagu-lagu yang belum pernah dirilis di album, para penggemar juga dapat menikmati mendengarkannya.”

Suga berbagi, “Karena ini merupakan album yang merangkum sejarah BTS, kami memperhatikan dengan cermat bagaimana lagu-lagu itu diatur di album. Jika Anda mendengarkan album mulai dari lagu pertama, akan ada kesenangan tertentu dalam mendengarkannya (secara berurutan).”

Dia melanjutkan, “Merupakan suatu kehormatan untuk dapat mengabadikan perjalanan kami selama sembilan tahun terakhir di album baru ‘Proof.’ Saya berharap mereka yang mendengarkan album ini akan mengikuti dan berjalan bersama jejak kaki kami sekali lagi.”

Baca Juga: Konser BTS “Permission to Dance on Stage-Seoul: Live Viewing” 12 Maret Disiarkan Langsug di Tiga Bioskop Indonesia

J-Hope mengungkapkan kegembiraannya dengan mengatakan, “Karena ini pertama kalinya kami merilis album dalam waktu yang lama, saya senang dan gembira. Saya ingin menikmati album bersama dengan penggemar kami secepat mungkin.”

“‘Proof’ adalah album yang merangkum biografi BTS dan ARMY (sebutan penggemar kami), dan itu lebih istimewa karena kenangan dan waktu bersama kami terekam di dalamnya,” lanjutnya. “Karena album ini berisi jiwa BTS, saya harap Anda akan memberikan banyak cinta.”

Jimin mengaku, “Karena ini merupakan album baru pertama kami dalam waktu yang lama, aku merasa senang dan aneh di saat yang bersamaan.”

Baca Juga: Set Piyama Rancangan Jin BTS Habis Terjual Sebelum Dirilis

Dia melanjutkan dengan mencatat, “Ini adalah album yang sangat spesial karena berisi lagu-lagu utama kami sebelumnya serta lagu-lagu yang belum pernah dirilis. Saya merasa itu menjadi lebih istimewa karena mengerjakan album memungkinkan saya untuk membaca dengan teliti emosi anggota lain serta emosi saya sendiri, dan karena kami dapat membicarakannya bersama-sama.”

Sementara itu, V berkomentar, “Karena ini adalah album yang menggambarkan perjalanan kami selama sembilan tahun terakhir, saya dengan tulus berharap ini akan menjadi hadiah berharga bagi para penggemar yang selalu mendukung kami dan telah membuat sejarah bagi kami.”

Akhirnya, Jungkook menambahkan, “Rasanya seperti kami telah menulis buku yang sangat tebal dan sekarang sedang menyelesaikannya.”

Baca Juga: BTS Resmi Rilis Lagu “Permission to Dance”

“Seperti yang selalu kami lakukan dengan album kami sampai sekarang, kami memperhatikan semua aspek saat mengerjakannya,” lanjutnya. “Ini adalah album yang melakukan pekerjaan dengan baik dalam menyampaikan cerita BTS hingga sekarang, serta perasaan kami saat ini.”

“Proof” dan video musik untuk judul lagunya “Yet to Come (The Most Beautiful Moment)” dirilis pada 10 Juni pukul 1 siang. KST ,dan BTS akan menampilkan judul lagu baru mereka di acara musik mulai 16 Juni mendatang.

Claudia