blank
Hati-hati membeli Set Top Box untuk TV digital, pastikan berstandar Kominfo. Foto: kominfo.go.id

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Usai melakukan penghentian siaran TV analog (Analog Switch Off/ASO), Pemerintah Indonesia gencar mengampanyekan program migrasi ke TV digital, mulai April 2022. Dan program ini ditargetkan rampung pada November 2022.

Bagi masyarakat yang masih memiliki TV analog, dan berkeinginan untuk terus menikmati siaran televisi dan masih mempertahankan TV yang lama, sebaiknya segera membeli Set Top Box (STB).

STB untuk TV digital ini adalah sesuatu yang penting. Karena tanpa peralatan ini, TV digital tidak akan dapat digunakan. Pasalnya, STB berfungsi sebagai penerima dan pengonversi sinyal menjadi suara dan gambar, untuk ditampilkan pada TV.

Jika berkeinginan mendapatkan produk STB TV digital yang mumpuni untuk digunakan di rumah, berikut ini beberapa tips membeli STB, agar tidak terjadi kesalahan.

Adanya sertifikat Kominfo. Langkah utama dan pertama yang harus diketahui adalah, STB TV digital terbaik yaitu, kepemilikan sertifikat dari Kominfo. Pasalnya, sertifikat Kominfo merupakan jaminan bahwa STB TV digital yang dibeli dapat digunakan.

MODI
STB sesuai kebutuhan. Banyak produk STB TV digital dijumpai di pasaran, mulai dari yang murah hingga mahal. Selain itu, berbagai produk itu juga ada yang menawarkan fitur yang bisa menghubungkan TV dengan internet. Apabila Anda tidak membutuhkan koneksi ke internet, sebaiknya beli STB TV digital yang tidak memiliki fitur itu.

Me-review lebih dalam. Sebaiknya mencari tahu mengenai seluk beluk setiap produk STB TV digital yang hendak dibeli.

Guna memastikan STB mendukung siaran digital, bisa juga mengorek keterangan langsung ke penjual. Keterangan DVB-T2 biasanya juga sudah ada pada kemasan STB. Selain itu, Kominfo melalui kampanye MODI, juga memberikan keterangan khusus pada STB ini.

Jika pada kemasan STB tertulis “Siap Digital” atau gambar maskot MODI sebagai kampanye TV digital, maka dapat dipastikan, STB itu mendukung siaran digital di Indonesia.

Untuk bisa menikmati siaran TV digital, bisa juga mengecek sinyal di wilayah setempat. Pastikan wilayah itu terjangkau siaran digital, agar saluran TV digital muncul di layar TV.

Riyan

#ASO, #analogswitchoff, #TVdigital, #siarandigitalindonesia, #ASO2022