blank
STADION UTAMA - Lusail Iconic Stadium merupakan stadion utama untuk pembukaan dan babak final Piala Dunia 2022. (foto: hotels.com)

SUARABARU.ID – Qatar bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, yang akan berlangsung pada 21 November sampai 18 Desember 2022 mendatang. Negara di Timur Tengah itu sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk perhelatan pentas paling aklbar di muka bumi ini. Fokus utamna tedntau adalah pembangunan dan renovasi stadion, agar layak sesuai standar FIFA. Uniknya, karena perhelatan dilakukan di musim panas, stadion-stadion juga dilengkapi alat pendingin, seghingga baik pemain maupun penonton akan merasa nyaman.

Sebanyak tujuh stadion merupakan stadion yang benar-benar baru dibangun untuk turnamen, sementara yang lain telah mengalami renovasi besar-besaran. Kedelapan tempat tersebut akan dibagi di seluruh negara, dengan semua tujuan bisa dijangkau kurang dari satu jam dari ibu kota Doha.

Dalam Piala Dunia pertama di negara tersebut, stadion akan dilengkapi dengan teknologi pengontrol iklim untuk meminimalisasi panas terik musim panas Qatar, yang dapat dengan mudah melampaui 40 derajat Celcius. Pembangunan delapan stadion Piala Dunia Qatar diperkirtakan selesai tepat waktu untuk acara besar ini dan penggemar sepak bola di seluruh dunia sangat ingin mengetahui detail setiap arena. Dikutip dari hotels.com, stadion-stadion tersebut adalah:

1. Stadion Internasional Khalifa

blank

Satu-satunya stadion Piala Dunia sepak bola Qatar yang tidak dibangun dari awal, Khalifa International adalah arena paling ikonik di negara Qatar dan sebenarnya sudah ada sejak 1976. Itu bisa dibilang kuno menurut standar lokal. Setelah renovasi besar-besaran, lapangan dibuka kembali pada tahun 2017 dan, dengan kapasitas 40.000 tempat duduk, akan menjadi tempat pertandingan hingga tahap perempat final. Dengan teknologi pendinginan canggih yang menjaga baik pemain dan penonton pada suhu ideal, modernitas stadion juga diwakili oleh struktur eksternal lengkung ganda yang ikonik.

Stadion Internasional Khalifa berada di jantung Zona Aspire Doha, area pengembangan teknologi dan inovasi yang akan menjadi pusat utama bagi para penggemar sepanjang Piala Dunia 2022.
Lokasi: Al Waab St, Doha, Qatar

2. Stadion Al-Bayt

blank

Stadion Al-Bayt terletak di kota Al-Khor dan akan menjadi tuan rumah semifinal Piala Dunia 2022. Arena menampilkan desain mencolok yang mencerminkan tenda yang digunakan oleh orang-orang Badui, kelompok nomaden yang hidup di seluruh dunia Arab selama berabad-abad.

Stadion berkapasitas 60.000 tempat duduk akan ditempatkan di dalam kompleks yang lebih luas yang menampilkan berbagai fasilitas seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan banyak lagi. Berjarak 60 km dari Doha, stadion ini adalah salah satu yang paling sulit dijangkau oleh penggemar, dengan taksi dan bus menjadi pilihan terbaik untuk bepergian ke sini.
Lokasi: Al-Khor, Qatar

3. Stadion Al-Janoub

blank

Stadion Al-Janoub adalah arena yang benar-benar mencolok yang memiliki kapasitas sekitar 40.000. Ini dirancang oleh mendiang arsitek terkenal secara global Dame Zaha Hadid dalam gaya lengkung khasnya. Stadion Qatar yang bergaya ini terinspirasi oleh lambung kapal penangkap ikan mutiara yang telah lama beroperasi di Semenanjung Arab. Ini adalah sesuatu yang lebih jauh tercermin dalam penggunaan bahan-bahan tradisional dan bahkan kayu dalam pembangunan arena.

Stadion Al-Janoub terletak di kota Al-Wakrah. Hanya 20 km dari Doha, para penggemar akan dapat mencapai kota stadion Al-Wakrah menggunakan jalur metro yang dibangun khusus.
Lokasi: Al-Wakrah, Qatar

4. Stadion Education City

blank

Education City Stadium adalah arena berkapasitas 40.000 tempat duduk yang akan menjadi tuan rumah pertandingan hingga babak perempat final Piala Dunia Qatar 2022. Dinamai berdasarkan lokasinya di kampus universitas terkemuka Qatar. Tanahnya telah dirancang dalam bentuk berlian bergerigi yang akan berkilauan di siang hari, dan bersinar di malam hari. Kapasitas stadion akan dikurangi setengahnya setelah turnamen dengan lebih dari 20.000 kursi akan disumbangkan untuk membangun stadion di negara-negara berkembang.

Education City Stadium terletak hanya 7 km dari pusat kota Doha dan para penggemar akan mudah mencapainya melalui jalan darat atau metro. Seluruh area dipenuhi dengan ruang hijau, lapangan golf, dan bahkan pusat perbelanjaan canggih.
Lokasi: Doha, Qatar

5. Stadion Al-Rayyan

blank

Terletak di lokasi Stadion Ahmed Bin Ali yang lama, Stadion Al-Rayyan memiliki kapasitas lebih dari 40.000, yang memungkinkannya menjadi tuan rumah pertandingan hingga tahap perempat final Piala Dunia Qatar.

Salah satu kota paling tradisional dan bersejarah di Qatar, Al-Rayyan terletak di tepi gurun dan akan memungkinkan pengunjung ke negara itu untuk melihat sekilas akar budaya Qatar yang dalam. Hanya beberapa kilometer dari Doha, para penggemar akan dapat mencapai stadion ini melalui jalur metro yang dibangun khusus.
Lokasi: Al Rayyan, Qatar

6. Stadion Al-Thumama

blank

Terletak hanya 12 km dari pusat Doha, stadion Al-Thumama berkapasitas 40.000 tempat duduk saat ini sedang tahap penyelesaian. Desain menarik arena ini terinspirasi dari gahfiya, topi tenun tradisional yang dikenakan oleh pria Arab.

Seperti banyak stadion di Piala Dunia 2022, Al-Thumama akan mengurangi kapasitasnya menjadi separuhnya setelah turnamen dan menyumbangkan lebih dari 20.000 kursi untuk membantu mempromosikan sepak bola dan stadion di negara-negara berkembang. Stadion ini akan dapat dicapai dengan jalur metro yang dibangun khusus dari Doha.
Lokasi: Doha, Qatar

7. Stadion Ras Abu Aboud

blank

Stadion Ras Abu Aboud berkapasitas 40.000 tempat duduk, terletak di tepi Teluk dan menghadap Doha hanya beberapa kilometer jauhnya. Terbuat dari kontainer pengiriman dan bahan daur ulang lainnya, stadion akan dibongkar setelah Piala Dunia 2022, dengan bagian-bagian yang digunakan dalam proyek bangunan lain di seluruh negeri.

Lokasi tepi sungai yang menakjubkan dari arena ini akan menjadi angin segar bagi para penggemar, yang dapat mencapai Ras Abu Aboud melalui perjalanan metro singkat dari pusat kota Doha tepat di seberang teluk.
Lokasi: Doha, Qatar

8. Stadion Ikon Lusail

blank

Stadion Ikonik Lusail akan menjadi tuan rumah pertandingan pembukaan dan final Piala Dunia 2022. Saat ini masih tahap penyelesaian, arena akan memiliki kapasitas lebih dari 86.000 dan dirancang oleh arsitek Inggris Foster + Partners. Dengan struktur yang dirancang untuk mencerminkan kerajinan tenun mangkuk Arab kuno, stadion diatur untuk menyediakan tempat yang menakjubkan untuk pembukaan dan penutupan turnamen.

Arena ini terletak di Kota Lusail, sebuah kota terencana yang terletak di utara Doha. Hebatnya, ini adalah seluruh kota yang dibangun khusus untuk acara tersebut. Pada saat Piala Dunia bergulir, Lusail akan menjadi rumah bagi berbagai fasilitas termasuk marina, resor pulau, fasilitas belanja dan rekreasi mewah, dan banyak lagi. Hanya 15 km di utara pusat Doha, Stadion Ikon Lusail akan dilayani oleh jaringan metro langsung dari ibu kota, membuat stadion ini mudah dijangkau.

Lokasi: Lusail, Qatar

Nur Muktiadi