blank

KUDUS (SUARABARU.ID) – Sebagai upaya mewujudkan Ukhuwah Wathaniyah serta meneguhkan semangat kebangsaan, Majelis Dzikir Darul Faiz Kabupaten Kudus akan menggelar Silaturahmi Kebangsaan dan Kirab Merah Putih.

Serangkaian acara akan digelar dengan puncak acara berupa Rotibul Kubro dan Maulid Kebangsaan yang akan dihadiri oleh Anggota Wantimpres Habib Lutfi Bin Yahya.

Ketua Panitia, Aris Munandar mengatakan, kegiatah yang bekerja sama dengan Pemkab Kudus, serta sejumlah stakeholder lainnya akan diawali dengan bazar yang akan digelar pada 11-13 Juni 2022 di Lapangan Desa Singocandi.

Selanjutnya, pada 14 Juni 2022 digelar Muqodimah Alquran dan Santunan Yatama.

“Pada 15 Juni 2022 akan dilaksanakan Kirab Merah Putih dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan, Apel Kebangsaan di alun-alun Simpang Tujuh, serta Silaturahmi Kebangsaan di Makodim 0722/Kudus,”ujar Aris, Kamis (2/6).

Dalam acara Silaturahim Kebangsaan tersebut akan hadir para Ulama, Umara, TNI, Polri, FKUB, dan Ormas bersama Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Yahya.

Sebagai puncak acara, kata Aris, akan dilaksanakan Rotibul Kubro dan dilanjut Maulid Kebangsaan bersama Habib Lutfi Bin Yahya yang akan digelar di lapangan Singocandi pada malam harinya.

“Kami mohon doa restu dari semua masyarakat agar seluruh kegiatan bisa berjalan dengan lancar,”tandas Aris.

Aris menambahkan, kegiatan ini digelar adalah sebagai bentuk mempertemukan keragaman yang ada di bangsa. Sebab, keragaman bangsa, budaya, agama dan ideologi yang berkembang di masyarakat adalah fitrah sosial yang tidak bisa kita tolak.

“Keragaman ini bukan sebagai alasan untuk berseberang atau bahkan berseteru tapi justru menjadi dasar adanya ajang silaturahim antar elemen yang ada,”paparnya.

Menurut Aris, kegiatan ini juga dapat menjadi momentum untuk menyambung persaudaraan kebangsaan. Sebagai sarana mensosialisasikan komitmen nilai-nilai kebangsaan, keilmuan, keagamaan, serta sebagai upaya memperkuat Ukhuwah wathaniyah atau persaudaraan kebangsaan untuk mewujudkan baldatun thayyibatun warabbun ghafuur.

Ali Bustomi