blank
Potong tumpeng ulang tahun MPP Blora ke-1. Foto: Prokompim Blora.

BLORA (SUARABARU.ID) – Terselenggaranya Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Blora yang digagas dan diwujudkan Bupati Blora tahun lalu, kini genap satu tahun.

Bupati minta  kualitas pelayanan MPP jangan kendor, terus berinovasi dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Jumat (3/6/2022).

Untuk diketahui, MPP Blora yang hanya butuh waktu 94 hari sejak awal hingga grand launching, dan diresmikan Menteri PAN-RB pada 3 Juni 2021 lalu.  Dari 29 instansi di MPP,   membuka 261 layanan.  Dilengkapi pusat kerajinan dan UKM, pojok baca, tempat bermain anak, ruang laktasi, pojok ngopi, crisis center, hingga auditorium.

Jika sebelum ada MPP di Blora, masyarakat harus wira-wiri untuk mengurus dokumen, maka saat ini cukup datang di satu tempat semuanya beres, yakni di MPP Blora.

Genap berusia 1 tahun, digelar acara yang sederhana namun bermakna, di halaman Gedung MPP, Jl. Blora – Cepu KM-5 Jepon, Jumat (3/6/2022). Kepala Dinas dan Segenap staf Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Blora dan sejumlah OPD terkait melaksanakan senam pagi, potong tumpeng dan pelepasan balon ke udara bersama – sama dengan Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si,

Pelayanan Jangan Kendor

Mas Arief, panggilan akrab H. Arief Rohman sehari-hari minta kualitas pelayanan di MPP Blora jangan sampai kendor. Terus berinovasi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi untuk masyarakat.

“Tidak terasa MPP yang kita bangun bersama ini sudah berusia satu tahun. Tentu masih butuh pembenahan, perbaikan, penyempurnaan. Dan yang  terpenting, saya ingatkan, kualitas pelayanan di MPP jangan sampai kendor. Terus berinovasi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi untuk masyarakat,” pesan H. Arief.

Ditegaskan oleh Bupati, Blora baru-baru ini mendapat penghargaan dari Menteri PAN RB sebagai unit pelaksana pelayanan masyarakat dengan predikat A. Prestasi itu harus terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi pelayanannya.

Tolong, lanjut Bupati Blora, OPD yang memiliki loket layanan di MPP untuk terus mengupdate kualitas layanannya. Agar evaluasi akan terus kita lakukan.

blank
MPP Blora bagi – bagi bingkisan kepada masyarakat yang sedang antri layanan perizinan dan layanan kependudukan.  Foto: Prokompim Blora.

Bupati H. Arief bahkan meminta Kepala DPMPTSP dan Dindukcapil Blora untuk menggelar survey kepuasan masyarakat setiap usai mengurus dokumen kependudukan dan perizinan di MPP Kabupaten Blora.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Blora, Bondan Arsiyanti, SH., M.Si., menyampaikan, patut di syukuri MPP yang telah berjalan satu tahun berhasil menyabet penghargaan Menteri PAN RB yang diumumkan Maret 2022 lalu.

“Kami bersyukur MPP sudah satu tahun berjalan dan dapat penghargaan dari Menteri PAN RB. Ini merupakan kerja bersama atas arahan Bapak Bupati. Kita semua siap untuk kedepannya semoga bisa lebih baik lagi,’’ ungkap   Bondan Arsiyanti.

Di sela-sela syukuran, Bupati H. Arief didampingi Kepala DPMPTSP bagi-bagi bingkisan dan hadiah gratis kepada masyarakat yang sedang hadir mengantri layanan perizinan dan layanan kependudukan di MPP Blora. Dan pada kesempatan itu juga  membagikan kue tart kecil.

Pada kesempatan yang baik itu pula, warga Desa Sumurboto, Kecamatan Jepon, Sutri, yang sedang antri  pembuatan Kartu Keluarga (KK) di loket Dindukcapil Gedung MPP, mengaku kaget dan senang menerima kado bingkisan dari Bupati Blora pada ulang tahun MPP.

“Saya tidak tahu kalau MPP sedang ulang tahun. Memang tadi ada hiasan balon. Sedang asik duduk, ternyata dihampiri Pak Bupati dikasih bingkisan kado. Matur nuwun Pak Bupati dan jajaran,” ucap Sutri.

Ditanya tentang pelayanan di MPP, Sutri pun mengaku senang dan merasa nyaman dalam mengurus Kartu Keluarganya.

“Pelayanannya sudah baik, cepat. Apalagi kalau kita datangnya pagi, pasti antrinya tidak lama. Tempatnya juga nyaman, dingin AC-nya, tidak sumuk tidak gerah. Semoga kedepan MPP Blora bisa lebih baik lagi,’’ harap Sutri.

Kudnadi Saputro