blank
Buoati Kebumen Arif Sugiyanto menyaksikan Sistem Informasi dan Layanan Terpadu Haji Keliling (Si Lanthing) di Kantir KUA kecamatan Gombong Jumat 3/6.(Foto:SB/Kominfo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meresmikan program Sistem Informasi dan Layanan Terpadu Haji Keliling (Si Lanthing() di Kantor KUA Kecamatan Gombong, pada Jumat 3 Juni 2022.

Program Si Lanthing yang diambil dari jajanan khas Kebumen ini merupakan bentuk kerjasama antara Kantor Kementerian Agama Kebumen dengan Bank Syariah Indonesia (BSI). Dengan hadirnya program ini, daftar haji sekarang cukup di KUA.

“Saya mengapresiasi adanya program Si Lanthing. Ini merupakan bentuk inovasi yang bagus dalam rangka memudahkan masyarakat yang ingin mendaftar haji. Tidak harus jauh-jauh ke Kantor Kemenag di Kebumen, sekarang cukup di KUA,”ujar Arif Sugiyanto.

Acara dihadiri Kepala Kantor Kemenag Kebumen H Ibnu Asaddudin, Kasubag TU Kantor Kemenag Kebumen H Khamid dan Manajer BSI Area Purwokerto Rahmadi Anur.

blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama Kepala Kantor Kemen ag H Ibnu Asaddudin, Kasubag TU Kantor Kemenag H Khamid dan Manajer BSI Area Purwokerto Rahmadi Anur di Kantor KUA Gombong Jumat 3/6.(Foto:SB/Kominfo).

Bupati menyatakan wilayah Kebumen luas maka perlu adanya layanan untuk mempermudah administrasi masyarakat di semua hal agar tidak harus datang ke kota. Pemkab sebelumnya juga telah meluncurkan program Go Layanan Administrasi Kependudukan (Go-Lak).

“Memang perlu ada layanan jemput bola, seperti Si Lanthing ini. Sebelumnya kita juga sudah meluncurkan Golak untuk memudahkan masyarakat yang jauh dari Kebumen untuk pembuatan KTP, jadi ada pembuatan KTP keliling, terangnya.

Sementara itu, Manajer BSI Area Purwokerto Rahmadi Anur menambahkan, Si Lanthing merupakan wujud inovasi yang dibuat BSI guna memudahkan masyarakat untuk mendaftar haji. Hanya cukup di KUA, masyarakat bisa secara resmi masuk dalam daftar antrian haji.

“Tidak sampai nunggu sepuluh menit, peserta sudah mendapat no antrian haji, sangat mudah, dan cepat,”jelas Rahmadi Anur.

Pada tahap pertama, Si Lanthing baru hadir di KUA Gombong. Namun, ia memastikan tidak lama lagi, Si Lanthing juga akan hadir di kantor KUA di kecamatan lain. Mengingat keterbatasan SDM, program si Lanthing dilakukan bertahap.

“Untuk saat ini baru ada di Gombong, tapi ke depan kita bakal hadir di kantor KUA kecamatan lain. Karena pada prinsipnya kita ingin jemput bola mendekatkan diri kepada masyarakat memberikan layanan terbaik, agar masyarakat mudah dalam mendafar haji,”imbuh Rahmadi Anur.

Komper Wardopo