blank
Babinsa bersama Bhabinkamtibmas sambangi warga desa Bangowan. Foto: Polsek Jiken

BLORA (SUARABARU.ID) – Bhabinkamtibmas Desa Bangowan Polsek Jiken Polres Blora Polda Jawa Tengah Bripka Nyamat Ari Widodo, ST bersama Babinsa Koramil Jiken menyambangi petani sawo organik di wilayah Dukuh Watugunung, Desa Bangowan, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora. Kamis, (2/6/2022).

Dalam sambang tersebut Bhabinkamtibmas memberikan motivasi kepada petani sawo organik agar selalu semangat dan bisa mengembangkan usaha petani sawo di desa setempat.

Petani Sawo desa Bangowan, Supriyono menyampaikan bahwa ada dua jenis sawo organik di desa Bangowan yaitu sawo organik biasa dan sawo organik super. Untuk sawo yang super adalah sawo yang ukurannya besar, sedangkan yang biasa adalah ukurannya kecil.

“Hasilnya lumayan, bisa buat menambah penghasilan kami, untuk sawo yang super harga sekitar Rp 20.000/kg, sedangkan yang biasa Rp 10.000/kg,” ucap Priyo panggilan akrab Supriyono.

Disampaikan pula oleh Nur Wahyu, salah satu petani sawo Dukuh Watugunung, Desa Bangowan, Kecamatan Jiken mengaku senang dengan aktifnya Bhabinkamtibmas dan Babinsa sambang petani sawo.

Jual-Beli Online

Dia mengaku pada awalnya sulit untuk menembus pasaran luar kota, namun berkat saran dan masukan dari Bhabinkamtibmas dan Babinsa pihaknya memanfaatkan teknologi internet dengan media online melalui Smartphone, akhirnya sawo khas desa Bangowan bisa tembus pasaran luar kota melalui jual beli online.

“Alhamdulilah, kehadiran Bhabinkamtibmas sangat membantu. Pak Babinsa  rajin buat konten tentang Sawo dan potensi wisata di desa Bangowan. Bahkan Sekarang saya bisa kirim sawo ke Padangan Bojonegoro, ke Jatirogo Tuban kadang juga ke Purwodadi Grobogan, dengan memanfaatkan handphone,” kata Nur  Wahyu.

Sementara itu,  Bhabinkamtibmas Desa Bangowan Polsek Jiken Polres Blora Polda Jawa Tengah Bripka Nyamat Ari Widodo, mengamati desa binaannya mengatakan bahwa hampir seluruh warga Desa Bangowan ini mempunyai pohon sawo di pekarangan rumahnya karena tanah desa tersebut memang subur dan cocok untuk tanaman buah sawo.

“Kita ajak warga untuk selalu semangat, dan jika ada kendala, saya siap membantu. Misalnya jika ditemukan hama atau penyakit pada tanaman sawo, maka akan saya koordinasikan dengan PPL pertanian, sehingga bisa dicari solusinya bersama,” kata Bripka Nyamat.

Mengingat hal itulah, Bripka Nyamat memberi motivasi kepada warga, meski saat ini masih dalam suasana pandemi, ia mengajak warga untuk mengembangkan potensi yang ada sehingga bisa menambah penghasilan yang akan membawa dampak positif dalam perekonomian masyarakat Bangoan.

“Kita ajak warga untuk memberdayakan tanaman  sawo organik, karena hasil panen disini lumayan baik, dan kualitas rasa buahnyapun mantap,” ujarnya.

Warga Bangowan, lanjut Bripka Nyamat, beruntung karena di tanah mereka subur dan cocok dengan buah sawo, sehingga hasil budi daya tanaman buah sawonya bagus.

“Warga sini biasa bekerja keras, dan Alhamdulilah hasil sawonya bagus, untuk pemasarannya mudah. Warga biasa menjual langsung ke pasar – pasar daerah sekitar. Bahkan saat ini sudah banyak tengkulak yang mengambil dagangan sawo dengan cara door to door langsung kepada petani sawo,” jelas Bripka Nyamat.

Pada kesempatan berbeda di Mapolsek, Kapolsek Jiken Iptu Zaenul Arifin,SH,MH mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan oleh Bripka Nyamat sudah tepat. Dimana warga diajak aktif memanfaatkan potensi desa yang ada sehingga bisa menambah pendapatan warga.

“Dengan memanfaatkan potensi yang ada, bisa menambah penghasilan warga setempat. Tentunya harus kita kembangkan. Dan kehadiran Bhabinkamtibmas sudah tepat,” tandas Kapolsek Jiken.

Kudnadi Saputro