blank
Kanwil Kemenkumham Jateng menggelar ujian tulis seleksi kenaikan pangkat penyesuaian ijazah dan ujian dinas, di Badiklat Hukum dan HAM Jateng. Foto: Dok/Humas Kemenkumham

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kanwil Kemenkumham Jateng menggelar ujian tulis seleksi kenaikan pangkat Penyesuaian Ijazah (PI) dan ujian dinas, di Balai Diklat Hukum dan HAM Jawa Tengah, Senin (30/5/2022).

Kegiatan diikuti oleh 145 peserta dan dibuka oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Supriyanto mewakili Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A. Yuspahruddin.

Supriyanto mengatakan, kenaikan pangkat bisa menjadi penghargaan yang dapat diterima oleh ASN, karena prestasi dan masa kerja yang diperolehnya sesuai dengan persyaratan dan peraturan yang berlaku.

“Agar kenaikan pangkat dapat dirasakan sebagai penghargaan, maka kenaikan seyogyanya diberikan secara adil dengan mekanisme berdasarkan asas kompetensi. Oleh karena itu pemerintah telah menetapkan mekanisme berupa ujian penyesuaian ijasah dan ujian dinas,” ujar Supriyanto.

Dia menyebut ujian ini dilaksanakan untuk memberi kesempatan kepada pegawai guna meningkatkan pangkat dan golongan sesuai jenjangnya.

“Ujian penyesuaian ijasah untuk memberikan kesempatan dan sekaligus memastikan bahwa pendidikan yang telah dicapai oleh pegawai bisa meningkatkan kompetensi, sehingga layak mendapatkan peningkatan pangkat dan golongan sesuai jenjangnya,” terangnya.

“Sedangkan ujian dinas tingkat I untuk memberikan kesempatan kepada para pegawai yang memiliki golongann masih II/d agar dapat ditingkatkan pangkat dan golongannya menjadi III/a, sehingga layak mendapatkan peningkatan pangkat dan golongan, sesuai jenjangnya,” sambung Supriyanto.

Supriyanto berpesan kepada seluruh peserta untuk mengikuti ujian dengan sebaik-baiknya. Karena ujian ini menurutnya menuntut ketelitian dan konsentrasi yang tinggi.

Ning Suparningsih