blank
PJ Bupati Jepara, Sekda Jepara bersama pimpinan dan staf Puskesmas Tahunan ( Foto : Diskominfo )

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dari data DKK Jepara, angka stunting walaupun mengalami penurunan, pada tahun 2021 jumlahnya masih sebesar  7.261 anak  (12,91 %). Karena itu stunting menjadi saah satu pesan khusus Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta.

blank

Dalam menangani stunting ini, Kepala Puskesmas Tahunan dr. Megarini Hesti Aries menjelaskan 4 Inovasi atasi stunting kepada  Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta saat mengunjungi puskesmas tersebut. Pertama, Grabs yaitu gerakan Rabu sehat minum tablet tambah darah di sekolah. Kedua, teh kelor yang bisa digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah anemia. Resep ini  dibuat SMK Islam Jepara bersama kelompok kerja gizi Puskesmas Tahunan.

blank

Sedangkan ketiga menurut dr. Megarini  adalah See Gile You, yaitu sistem edukasi gizi lewat YouTube melalui Youtube NovieGizi,  pembuatan makanan pendamping air susu ibu (MPASI) berbahan roti  dari Kementerian Kesehatan dibuat bentuk yg lebih menarik dan tinggi potrein

blank

Keempat, Waseh  yaitu warung sehat yang fokus pada  pembuatan cookies yg berbahan dasar lokal yaitu dari kacang kacangan. Seperti kacang tanah,kacang kedelai,kacang hijau,kacang merah,kacang tolo yang dibina dari jurusan gizi Politeknik Kesehatan Semarang. “Juga  minuman penghangat tubuh, Temujati yang terbuat dari temu lawak, jahe, penjaga hati.

blank

Dijelaskan, Poltekes Semarang  melaksanakan kegiatan pemberdayaan UMKM untuk pengembangan pemberian makanan tambahan (PMT) lokal. Sistem penanggulangan stunting difokuskan di 3 wilayah lokasi khusus, meliputi Kabupaten Jepara, Kabupaten Demak, dan Kabupaten Magelang.

blank

Susai mendengarkan paparan dr. Megarini,  Edy Supriyanta menyampaikan, sangat mendukung Inovasi yang dilakukan Puskesmas Tahunan. Edy berharap, masyarakat mendapat pelayanan kesehatan sampai tingkat desa. Selanjutnya, Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Program Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam penanganan stunting.

blank

Setidaknya langkah yang sudah dilakukan dan perkembangannya bisa dilaporkan. Ini sesuai amanat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam menurunkan angka stunting di setiap Kabupaten.”Saya minta ada penurunan angka stunting di Jepara. Paling tidak sebulan sekali ada laporan tentang stunting,”tegasnya.

Hadepe