blank
Anak-anak TPA Masjid Baiturrahman Solo Elok, Mojosongo, Surakarta, tampil Percaya Diri (PD) menyajikan hiburan gerak dan lagu di pentas halalbihalal.(Foto: Basnendar)

SOLO (SUARABARU.ID) – Anak-anak Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Masjid Baiturrahman Solo Elok, tampil Percaya Diri (PD) di pentas halalbihalal. Acara silaturahmi saling memaafkan ini, digelar di area terbuka teras Masjid Baiturrahman, Solo Elok, Mojosongo, Surakarta, yang lokasinya menyatu dengan Taman Perumahan.

Ketua Pengurus Masjid Baiturrahman Solo Elok, Rofiq Ahmadi, melalui Tokoh Masyarakat Perumahan Mojosongo, Basnendar Herry Prilosadoso, semalam, mengatakan, acara halalbihalal dihadiri oleh warga setempat, mengambil tema Menjalin Ukhuwah Islamiyah.

Dalam acara ini, anak-anak tampil Pede saat menyampaikan pembacaan Ayat Suci Al Qur’an oleh Faida Choirun Nisa dan Saritilawah oleh Nadia Mahardika Candraningtyas.

Disajikan pula hapalan surat/morottal surat, antara lain Surat Al Mursalat oleh Sri Widodo, Surat Asy Syam oleh R Yudistira Alvino Cesar, dan Surat Al A’la oleh Ridwan Tegar Wijaya. Tampil menyampaikan tausiah yang dirangkai doa, Ustad Taufiq.

Juga ditampilkan hiburan gerak dan lagu bimbingan Muryanti, Linawati, dan Haryanti. Mereka beranggotakan 9 anak terdiri dari dua pria dan 7 perempuan. Mereka terdiri atas Jafis Rafaza, Mayladuk Wijanarko, Ghasyifa Mutia Arrozaq, Nayla Fathiya Ramadhani, Yasri Tsabita Qolbu, Muhamad Farid Dwi Nogroho, Alinia Wulan Hidayah, Yasri Nabila Karim, Kalila Hanin Azzahra, dan Azalea Zarah Putri Wibowo.

Lagu yang mereka dendangkan adalah Tembang Cinta Rosul, Hafidz Quran dan Selamat Lebaran. Anak-anak yang masih duduk di bangku SD dan SMP ini, tampil dengan kostum dominan berwarna merah muda dan putih. Dengan diiringi musik organ tunggal, penampilan mereka menjadi hiburan utama dengan menyajikan lagu-lagu bernuansa Islami.

Muryanti, selaku salah satu pembimbing, menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk melatih anak percaya diri menyampaikan pesan yang positif lewat lagu Islami. Selain itu, diharapkan anak-anak TPA Masjid Baiturrohman Solo Elok, lebih semangat dalam belajar membaca Al Quran dan mengamalkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua Pengurus Masjid Baiturrahman, Perum Solo Elok, menyatakan, acara halalbihalal ini merupakan media silaturahmi antarwarga muslim, sekaligus memberi wadah berekspresi bagi anak-anak untuk menampilkan kreativitasnya.

Bambang Pur