blank
Sejumlah Srikandi PDI Perjuangan Wonosobo mengikuti senam Sicata. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Sejumlah 200 Srikandi PDI Perjuangan Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah, Jumat (20/5/2022) pagi, mengikuti Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicata) di halaman Pendopo Bupati setempat.

Senam Sicata dimulai pukul 06.30 WIB dan baru usai sekitar jam 08.30 WIB. Sejumlah ibu-ibu dan Srikandi Muda PDI Perjuangan tampak mengenakan seragam kaos lengan panjang warna merah.

Humas DPC PDI Perjuangan Wonosobo Wisnu Banu Aji mengatakan senam Sicata diikuti tak kurang dari 1 juta kader di seluruh Indonesia. Senam dilakukan serentak dan disiarkan langsung secara virtual.

“Senam Sicata diikuti pagi tadi secara serentak di seluruh nusantara. Seluruh kader perempuan PDI Perjuangan menggelar senam Sicata di wilayah masing-masing,” katanya.

Bulan Bung Karno

blank
Usai senam Sicata, Srikandi PDI Perjuangan Wonosobo foto bersama. Foto : SB/Muharno Zarka

Di sela-sela senam Sicata, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, menyapa para peserta secara virtual melalui layar kaca. Acara tersebut juga disaksikan langsung Ibu Megawati Soekarno Putri dan Puan Maharani.

“Senam Sicata digelar dalam rangka memperingati hari kebangkitan nasional dan Bulan Bung Karno. Acara tersebut memecahkan rekor Muri karena hari ini diikuti secara serentak di seluruh wilayah Indonesia,” ujar dia.

Setelah senam Sicata berakhir, peserta beralih ke Pendopo Bupati Wonosobo untuk mengikuti acara “Sosialisasi Bulan Bung Karno”. Sosialisasi tersebut disampaikan Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan Ris Wahyu Rumekso.

“Kenapa diperingati Bulan Bung Karno. Sebab, pada tanggal 1 Juni 1945 merupakan hari lahir Pancasila. Salah satu pencetus lahirnya Pancasila adalah Soekarno yang populer dengan sebutan Bung Karno. Mari bangun jiwa dan raga untuk Indonesia,” ajaknya.

Muharno Zarka