blank
Sekda Adi Waryanto (kiri) memimpin upacara Harkitnas, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID) – Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto, memimpin upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 di halaman Setda Kabupaten Magelang, Jumat (20/5/2022).

Adi Waryanto menyampaikan, tahun ini peringatan Hari Kebangkitan Nasional mengambil tema: Ayo bangkit bersama. Sebagai bentuk seruan bangkit dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir. “Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja. Tetapi untuk memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional. Mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pada 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Tujuan didirikannya Boedi Oetomo yang tercetus dalam kongres pertamanya ialah untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan. “Maka semangat kebangkitan yang harus kita maknai dan kita jaga,” ajaknya.

Selain itu dia juga menyampaikan bahwa penanganan Covid-19 yang semakin membaik telah berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal. Hal itu terus mendorong pemulihan perekonomian nasional. Disebutkan, perekonomian Indonesia pada triwulan I tahun 2022 dibanding triwulan I tahun 2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen. Hampir seluruh lapangan usaha tumbuh positif, kecuali administrasi pemerintahan dan jasa pendidikan.

Dia berharap, pada momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022 dengan mengusung tema ‘”Recover Together, Recover Stronger”. Tujuannya dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.

Eko Priyono