blank
Petugas tengah melakukan pengawasan terhadap pemeliharaan ternak di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang sekaligus melakukan sosialisasi terkait antisipasi PMK (Dok/Res Klt)

Petugas juga memberikan penyuntikan vaksin terhadap hewan ternak masyarakat. Masyarakat dihimbau tetap tenang  dan tidak panik terkait PMK, khusunya di wilayah Klaten. Jika ada hewan terjangkit PMK, masyarakat diminta segera melapor ke Polsek atau dinas terkait  untuk segera dilakukan pengobatan.

Yang perlu dipahami PMK ini tidak menular ke manusia. Penularannya hanya di hewan berkuku belah seperti sapi, kerbau dan kambing. Jika ditangani dengan baik dalam delapan hari akan sembuh. Kemudian dagingnya juga tetap aman untuk dikonsumsi, karena virus ini mati dalam suhu di atas 70°c selama 20 menit.

“Mengenai ciri ataupun tanda  hewan terjangkit PMK diantaranya mengalami demam, nafsu makan berkurang, mulut kering, lidah melepuh, kuku copot dan juga lumpuh. Apabila ditemukan seperti ini agar segera dilakukan isolasi, dipisah dari hewan yang sehat agar tidak menyebar. Kemudian diberikan antibiotik selama kurang lebih lima hari,” jelasnya.

Bagus Adji