blank
Longsor susulan akan mengancam rumah warga. Foto: ist

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Guyuran hujan lebat pada Rabu (21 Mei 2022) malam mengakibatkan terjadi tanah longsor di RT 2, RW 5, Dusun Basongan, Desa Kalisalak, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Kamis 12 Mei 2022 sekitar pukul 02.00. Tebing setinggi enam meter longsor sepanjang tujuh meter dengan ketebalan 1,5 meter.

Longsorannya membawa material berupa pohon pisang dan tanah, menutup akses jalan Desa Kalisalak. Atas kejadian itu juga mengancam rumah Nur Wakhidin (66) yang selama ini dihuni lima jiwa. Sebab rumahnya dekat dengan permukaan tebing yang longsor. Jarak rumah dengan tebing sekitar satu meter.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dari musibah itu. Namun akibat terjadi longsor itu jika terjadi hujan lagi dikhawatirkan terjadi longsor susulan.

Salah satu warga, Anto (43) menginformasikan, sebelum kejadian itu guyuran hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terjadi di wilayah Desa Kalisalak pada Rabu (11/5) sore sampai Kamis dinihari (12 Mei). Ternyata guyuran hujan itu menyebabkan tebing longsor.

Dari musibah itu dilakukan kerja bakti hari ini. Melibatkan petugas BPBD, relawan dan puluhan warga setempat.

Anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Salaman, Nur Kosim, menginformasikan, dari kejadian itu dibutuhkan logistik kerja bakti. Juga
terpal untuk menutup sementara.

Beberapa saat setelah kejadian itu dilakukan kaji cepat TRC BPBD dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Salaman. Juga
berkoordinasi dengan Pemdes Kalisalak.

Kerja bakti hari ini melibatkan sekitar 40 orang.

Eko Priyono