blank
Wabup Wonogiri Setyo Sukarno (pegang bola berdiri keempat dari kiri), tampil memimpin Tim Bola Voli dalam pertandingan olahraga di GOR Giri Mandala.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Wakil Bupati (Wabup) Wonogiri, Setyo Sukarno, Kamis (12/5), tampil memimpin tim bola voli dalam pertandingan olahraga di Gedung Olahraga (GOR) Giri Mandala Wonogiri.

Pertandingan bola voli ini, menjadi pembuka rangkaian peringatan Hari Jadi ke-281 Kabupaten Wonogiri Tahun 2022. Dalam laga bola voli tersebut, Wabup Setyo Sukarno yang mantan Ketua DPRD Wonogiri, bergabung dengan jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah (Sekda), Asisten Sekda, Kepala Bagian (Kabag) di lingkup Sekretariat Daerah (Setda).

Ikut memperkuat tim, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat. Lawan tandingnya adalah para pimpinan, direktur dan karyawan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Wonogiri.

Hasil pertandingan, Tim Wabup menelan kekalahan dengan skor 11-25. Namun ini tidak menyurutkan semangat para pejabat, dalam ikut berpartisipasi di event olahraga bersama tersebut.

Wabup Setyo Sukarno, menyatakan, ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas dan kebersamaan antar-instansi, menuju Wonogiri sehat yang maju, mandiri, sejahtera, dengan semangat go nyawiji sesarengan Mbangun Wonogiri.

Kabag Prokopim Pemkab Wonogiri Mursid Suroto melalui Juru Warta, Esti, menyebutkan, untuk Tahun 2022 ini Kabupaten Wonogiri genap berusia 281 tahun. Perayaan Hari Jadi kali ini digelar secara sederhana, mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Makam Leluhur

Panitia Hari Jadi Ke 281 Kabupaten Wonogiri diketuai Sekda Haryono. Rencananya Jumat besok (13/5), panitia akan melakukan ziarah ke makam para leluhur. Yakni ke Makam Gunung Wijil dan Makam Mantenan di wilayah Kecamatan Selogiri. Kemudian ke makam Bupati Wonogiri pertama di wilayah Kecamatan Nguntoronadi.

Sebagaimana lazimnya pada setiap peringatan hadi jadi sebelum ada pandemi Covid-19, selalu digelar puncak acara yang jatuh pada Tanggal 19 Mei. Semua hadirin mengenakan busana Kejawen Jangkep. Pria memakai beskap, berjarik, mengenakan blangkon dan berkeris. Sedang untuk wanita, berbusana kebaya dan kain jarik.

Hal itu erat kaitannya dengan upaya pelestarian nilai-nilai perjuangan Raden Mas (RM) Said atau Pangeran Sambernyawa. Tokoh pendiri dinasti Mangkunegaran Surakarta ini, dulu memulai bebadra (mendirikan embrio) institusi pemerintahan di Nglaroh, Selogiri, Wonogiri.

Itu terjadi pada Hari Rabu Kliwon Tanggal 3 Rabiul Awal (Mulud) Tahun Jimakir Windu Sengara Tahun 1666, dengan Candra Sengkala Rasa Retu Ngoyag Jagad. Atau bertepatan dengan Tanggal 10 Mei 1741 M dengan Surya Sengkala Kahutaman Sumbering Giri Linuwih.

Untuk upacara Hari Jadi Ke 281 Tahun 2022, rencananya akan mengambil tempat di halaman parkir kompleks wisata tirta Waduk Gajahmungkur Wonogiri.

Pemilihan tempat ini, pertimbangannya karena lokasi tersebut telah selesai direnovasi dengan penampilan baru. Mempunyai daya tarik tersendiri, dengan dilengkapi fasilitas lampu-lampu hias yang cantik.

Bambang Pur