blank
Para pemain tim Piala Thomas-Uber Indonesia latihan pagi di sekitar Hotel Ibis Bangkok, Rabu (4/5)

BANGKOK (SUARABARU.ID) – Tim bulu tangkis Indonesia ke perebutan Piala Thomas-Uber 2022 memulai kegiatan berlatih.

Latihan perdana ini dilakukan untuk mengembalikan kondisi setelah menempuh perjalanan panjang dari Jakarta menuju Bangkok dengan transit di Manila.

Seperti diberitakan suara.com, latihan pagi dilakukan di sekitar Hotel Ibis Bangkok, tempat menginap tim selama mengikuti kejuaraan beregu bergengsi ini.

Semua anggota Skuad Merah-Putih menikmati latihan ringan yang berada di skybridge yang terletak di depan hotel, Rabu (4/5). Tempat penyeberangan ini begitu lapang dan tidak ada lalu lalang.

“Hari ini tim baru menjalani latihan ringan saja di sekitar hotel. Hari ini merupakan latihan pertama setelah tim mendarat di Bangkok, Selasa (3/5) sore,” tutur manajer tim Hendro Santoso.

Usai menginjakkan kaki di ibukota Thailand, Selasa (3/5) sore kemarin, diputuskan bahwa para pemain diminta istirahat di kamar dan tidak ada latihan. Maklum, tim yang berangkat dari Jakarta sudah sejak Senin malam ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten untuk terbang ke Manila. Lalu transit sekitar tiga jam dan terbang lagi ke Bangkok.

“Perjalanan termasuk lama. Maka diputuskan kemarin istirahat dan hari ini baru memulai katihan ringan,” tambah Hendro

Latihan perdana ini menurut pelatih fisik Ari Subarkah, juga berupa latihan ringan. Latihan ini hanya ditujukan untuk mengembalikan kondisi dan koordinasi tubuh para pemain saja setelah kemarin usai melakoni perjalanan panjang dari Jakarta menuju Bangkok.

“Program latihan kali ini hanya untuk mengembalikan kondisi dan koordinasi pemain. Otot-ototnya kita kendurkan agar siap untuk menjalani latihan sesungguhnya mulai sore ini atau besok pagi,” tutur Ari.

Baik pemain kelompok putra maupun putri, semua berlatih ringan di skybridge  yang menghubungkan dari Hotel Ibis menuju Impact Arena, tempat pertandingan perebutan Piala Thomas-Uber 2022 tersebut. Arena tersebut termasuk begitu lapang dan sepi dari kegiatan warga.

Mereka bisa berlari-lari kecil untuk menempuh jarak tertentu. Juga melakukan aktivitas fisik ringan yang lain, termasuk peregangan yang dilakukan bersama-sama.

“Pagi ini kita cuma latihan ringan yang menyenangkan dan menyegarkan agar otot-otot pemain yang terasa kaku bisa lebih rileks. Yang lebih penting pemain menjalani latihan dengan riang hati. Kebersamaan dan kekompakan juga terjalin,” tambah Felix Ary Bayu Marta, pelatih fisik yang lain.

Latihan perdana ini juga tidak lama. Hanya sekitar 90 menit. Namun itu sudah membuat kondisi pemain lebih segar dan bugar. Pemain pun merasa senang.

“Senang rasanya bisa berlatih lagi setelah kemarin kita istirahat. Tubuh rasanya lebih bugar dan fresh saja,” ujar Febriana Dwipuji Kusuma, pemain ganda putri.

“Otot-otot kita terasa lebih nyaman. Tidak kaku-kaku lagi setelah hanya duduk di pesawat dari Jakarta, transit dan terbang ke Bangkok,” timpal Lanny Tria Mayasari, pemain ganda putri.

Sore ini, tim Indonesia akan berlatih di gym. Letak pusat kebugaran ini masih berada di kawasan komplek Impact Arena. Dari hotel harus berjalan sekitar 150 meter.

“Sore ini para pemain akan latihan di gym saja. Baru besok bisa latihan teknik di practice hall yang disediakan panitia,” ujar Herry Iman Pierngadi, pelatih ganda putra.

Muha