blank
Trofi Piala Thomas di Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) malam WIB. (Antara)

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Selandia Baru menyatakan mundur dari keikutsertaan Piala Thomas 2022 yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand, 8-15 Mei, dan tempat mereka akan digantikan Amerika Serikat.

Keputusan mundur diumumkan Asosiasi Badminton Selandia Baru pada Rabu (4/5/2022), sembari menyebutkan paparan badai Covid-19 menyusul keikutsertaan dalam Kejuaraan Oseania 2022 sehingga jumlah pemain di tim mereka berkurang.

“Kondisi ini membuat tim kekurangan pemain, dan ada kemungkinan kasus positif tambahan saat tiba di Thailand. Kami telah membuat keputusan sulit ini untuk menarik tim dengan mempertimbangkan semua faktor termasuk prioritas kami terhadap kesejahteraan para pemain,” tulis Asosiasi Badminton Selandia Baru dalam akun Instagram resmi mereka @badmintonnewzealand yang dimuat suara.com.

Dengan mundurnya Selandia Baru, Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) pun mencari negara pengganti yang bisa tampil di Piala Thomas. Namun tak ada satu pun negara lain di Oseania yang bersedia mengisi slot tersebut.

“Hong Kong, China, dan Spanyol ada di urutan berikutnya (untuk menggantikan Selandia Baru) berdasarkan peringkat dunia, tetapi mereka juga menolak,” tulis BWF dalam laman resminya.

Namun ada Amerika Serikat yang mengonfirmasi partisipasi mereka dalam Piala Thomas 2022 untuk menggantikan posisi Selandia Baru di Grup D bersama Jepang, Malaysia, dan Inggris.

Muha