objek wisata ketep pass
Pada musim liburan Lebaran 2022 ini, objek wisata Ketep Pass di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang masih menjadi salah satu primadona untuk kunjungan wisatawan. Foto: Yon

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID)- Sejumlah objek wisata di Kabupaten Magelang menjadi tujuan  kunjungan bagi para pemudik yang  memanfaatkan liburan Lebaran 2022 ini. Salah satunya, objek wisata Ketep Pass di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang .

Selama empat hari liburan Lebaran, 8000 lebih pengunjung mendatangi objek wisata panorama Gunung Merapi dan Merbabu tersebut.

“Wisatawan dari berbagai daerah luar Jawa Tengah, seperti DKI Jakarta, Bandung, Jawa Timur dan lainnya mendominasi kunjungan selama empat hari terakhir di Ketep Pass,” kata Kabag Pemasaran dan Promosi Daya Tarik Wisata (DTW) Ketep Pass, Edward Alfian, Kamis (/5/2022).

objek wisata ketep pass
Objek wisata Grojogan Kapuhan yang ada di Dusun Kapuhan, Desa Kapuhan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang , merupakan salah satu objek wisata yang mendapatkan limpahan kunjungan dari wisatawan Ketep Pass. Foto: Yon

Menurutnya, jumlah pengunjung ke Ketep Pass para liburan Lebaran 2022 ini lebih tinggi dibandingkan denganpada liburan Lebaran sebelum adanya pandemic covid-19.

Berdasarkan data yang ada , pada H+ 2 Lebaran 2019 lalu hanya ada 2000 pengunjung. Sedangkan pada H+2 Lebaran 2022 ini jumlah kunjungan wisatawan mencapai 2500 orang.

Kenaikan kunjungan wisatawan tersebut, kemungkinan disebabkan pada tahun 2022 ini pemerintah memperbolehlan adanya   mudik Lebaran. Sebelumnya selama  dua tahun  terakhir tidak boleh mudik karena adanya pandemic covid-19.

 Limpahan Wisatawan

Ia menambahkan, biasanya pada liburan Lebaran  arus lalu-lintas menuju kawasan wisata Ketep Pass mengalami kemacetan yang dikarenakan banyaknya kendaraan bermotor khususnya mobil pribadi yang menuju ke kawasan wisata itu.

Namun, pada liburan Lebaran tahun ini kendala tersebut sedikit teratasi, setelah  pihaknya menyiapkan berbagai strategi agar kemacetan lalu-lintas yang hendak menuju Ketep Pass tidak terjadi. Diantaranya, melakukan rekayasa lalu-lintas dan juga menyiapkan kantong-kantong parkir kendaraan.

“Selain itu, kita juga menyebar para wisatawan tersebut ke sejumlah objek wisata di sekitar Ketep Pass. Seperti Tol Kayangan, air terjun Kedung Kayang di Desa Wonolelo, Taman Strawbery di Desa Banyoroto dan Grojogan Kapuhan di Desa Kapuhan,” kata Alfian yang juga Ketua Forum Daya Tarik Wisata (DTW) Kabupaten Magelang.

Ia menambahkan, untuk kantong-kantong parkir mobil yang disiapkan yakni di lokasi Agrowisata Ketep dan seluruh badan jalan yang ada di sekitar Ketep Pass.

Sementara itu, pengelola objek wisata Grojogan Kapuhan, Galih Mutafiqin menambahkan, pada liburan Lebaran 2022 ini, jumlah pengunjung ke objek wisata di Sungai Pabelan, Desa Kapuhan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang  mengalami peningkatan. Yakni, pada H+2 jumlah pengunjung mencapai 200. Sedangkan di H+3 kemarin meningkat menjadi 500 orang.

“Peningkatan jumlah kunjungan di objek wisata Grojogan Kapuhan tersebut, salah satunya mendapatkan limpahan pengunjung dari Ketep Pass. Selain itu juga, karena adanya promosi bersama dengan Ketep Pass,” kata Galih. Yon