blank
Kasi Bimas Islam Kemenag Kebumen Kiai Salim Wazdy menyerahkan santunan kepada anak yatim dan duafa di Masjid Nurul Iman Desa Kawedusan, Kebumen.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Takmir Masjid Nurul Iman Desa Kawedusan, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jumat (29/4) menyerahkan santuan Ramadan 1443 H kepada 31 anak yatim dan duafa.

Acara di Masjid Nurul Iman diisi pengajian oleh Kasi Bimas Islam Kemenag Kabupaten Kebumen Kiai Salim wazdy SAg MPd. Hadir imam masjid, tokoh masyarakat, Forkompimcam Kebumen serta perangkat desa . Peserta sekitar 140 orang jamaah dan ditutup berbuka Puasa bersama.

Ketua Takmir Masjid Nurul Islam Kawedusan Kiai Fatachul Husain SAg MPdI menjelaskan, pihaknya selain menyelenggarakan peringatan hari besar Islam selama Ramadan setiap tahun juga membagikan santunan dari infaq jamaah. Sasarannya anak yatim dan duafa di sekitar Desa Kawedusan khsusunya RW II.

blank
Anak yatim dan duafa menerima santunan dari Takmir Masjid Nurul Iman Desa Kawedusan, Kebumen.(Foto:SB/Ist)

Menurut penjelasan Fatachul Husain, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan Amaliah di bulan Ramadan 1443 H. Selain itu juga sarana mempererat Ukhuwah Islamiah di Desa Kawedusan. Kegiatan ini Implementasi rasa syukur dengan menyantuni anak yatim dan duafa.

Kesalehan Individual dan Sosial

Fatachul bersyukur dana dari infaq, sedekdah dan donatur jamah terkumpul Rp 16.800.000. Adapun peran takmir di Masjid Nurul Iman terus berupaya meningkatkan kesalehan individual dan kesalehan sosial jamaah.

” Ini bisa dilihat dari meningkatnya antusiasme jamaah untuk menunaikan shalat wajib dan mengaji di Masjid Nurul Iman pasca pandemi Covid-19,”ujar pria yang juga Kepala KUA Kecamatan Buayan itu, seraya menambahkan, peran masjid untuk meningkatkan kesolehan sosial
dengan langkah konkrit membantu biaya pendidikan bagi anak yatim dan duafa mulai anak TK sampai SLTA.

blank
Ketua Takmir Masjid Nurl Iman Kawedusan, Kebumen Kiai Fatachul Husain memberi sambutan pada kegiatan amaliah Ramadan 1443 H/2022.(Foto:SB/Ist).

Sementara itu Kiai Salim Wazdy dalam tausiahnya memberi nasihat agar takmir dan para tokoh agama memaksimalkan peran masjid sebagai media meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Salim juga menaruh harapan kepada generasi muda di Desa Kawedusan harus selalu siap dan optimistis menatap masa depan dengan terus belajar dan mengaji untuk memperkaya llmu.

“Kita harus terus melakukan aksi nyata bahwa masjid memberikan sumbangsih terhadap pembangunan di Negara Republik Indonesia, khususnya di Kabupaten Kebumen ini,”ujar pria yang juga Wakil Ketua PMI Kebumen itu.
Komper Wardopo