blank
Ketua DPRD Kudus Masan SE MM saat memberikan arahan dalam rakor Forkopimda terkait antisipasi konflik sosial. Foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Ketua DPRD Kudus Masan SE MM berharap semua instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus bisa memberikan pelayanan terbaik dalam pelaksanaan arus.mudik lebaran 2022 ini.

Semua OPD yang terkait, harus bersinergi dengan baik agar mudik lebaran tahun ini bisa berjalan aman dan lancar.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Masan saat hadir dalam rapat koordinasi Forkopimda terkait Sinergitas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Kabupaten Kudus Tahun 2022, pada Selasa (26/4) di Gedung A Lantai 4, Setda, Kudus.

Rakor dimaksudkan untuk mengetahui kesiapan SKPD jelang Idul Fitri, sekaligus untuk koordinasi peningkatan sinergisitas dengan SKPD demi terciptanya suasana aman, nyaman, dan damai.

Hadir dalam rakor tersebut Ketua DPRD Kabupaten Kudus, Masan, SE, MM, Bupati Kudus Dr. HM. Hartopo, Jajaran Forkompimda, serta OPD terkait.

Masan menambahkan, dalam menjalankan tugasnya sebagai fungsi pengawasan, DPRD Kudus akan berusaha semaksimal mungkin mendukung kerja Pemkab Kudus dalam melayani mudik tahun ini.

Oleh karena itu, seluruh stakeholder yang terkait harus bisa bersinergi agar pelayanan kepada masyarakat bisa lebih berjalan maksimal.

“Dishub utamanya serta OPD lain seperti dinas kesehatan, RSUD hingga layanan masyarakat lain harus bisa dioptimalkan guna menghadapi arus mudik lebaran ini. Dishub harys membuatkan jalur alternatif untuk mudik dan pengawasan takbir keliling untuk mengantisipasi bentrok antar warga,” ungkapnya.

Senada, Bupati Kudus HM Hartopo juga berpesan pada OPD terkait untuk memaksimalkan persiapan pelayanan publik dari segi sarana dan prasarana.

“Saya minta kesiapan petugas dalam meningkatkan sarpras, seperti posko terpadu lebaran sebagai pusat data dan informasi, perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan, fasilitas pelayanan kesehatan 24 jam di posko, pengaturan lalin, kesiapan jaringan telekomunikasi dan penyediaan informasi yang mudah diakses masyarakat, antisipasi terjadinya bencana, dan lainnya,” pintanya.

blank
Seluruh OPD di lingkungan Pemkab Kudus harus memberikan layanan terbaik dalam arus mudik tahun ini. Foto:Suarabaru.id

Hartopo menambahkan, lebaran tahun ini belum sepenuhnya terbebas dari covid. Oleh karena itu, pihaknya meminta agar kita semua selalu menjaga protokol kesehatan serta mengimbau masyarakat untuk melakukan vaksinasi.

“Lebaran ini belum terbebas dari covid. Harusnya kita bersyukur diberi kelonggaran pemerintah, maka manfaatkan kelonggaran ini sebaik-baiknya. Jaga prokesnya dan ikuti vaksinasi sebagai ikhtiar menjaga kesehatan. Jangan sampai kejadian tahun lalu terulang kembali di tahun ini,” pesannya.

Sinergi bersama dibutuhkan dalam pencapaian target vaksinasi, oleh karena itu Hartopo meminta seluruh elemen bergotong royong mensukseskan vaksinasi sebagai indikator penurunan level PPKM saat ini.

“Mari kita genjot bersama secara gotong royong, apa yang jadi kesulitan dalam capaian vaksinasi kita ulas bersama dan kita cari solusinya. Karena indikator PPKM salah satunya dipengaruhi oleh capaian vaksinasi,” ungkapnya.

Terakhir, pihaknya meminta Dinas Kesehatan dan RSUD untuk tetap mempersiapkan ruang isolasi terpusat sebagai bentuk antisipasi jika suatu saat terjadi kasus terkonfirmasi Covid-19.

Tm-Ab