blank
Lomba klotekan sahur ramaikan festival Ramadan di Desa Jatirejo, Kabupaten Semarang. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dalam rangka meningkatkan syiar bulan Ramadan 1443 H, Karang Taruna Desa Jatirejo, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang menggelar Festival Ramadan yang bertepatan dengan malam 21 Ramadan (selikuran).

Dalam acara tersebut diikuti oleh beberapa dusun dari Desa Jatirejo, antara lain Dusun Kauman yang menampilkan drumblek LBP (Laskar Balai Panjang), Dusun Krajan dengan angklung, dan Dusun Noloprayan yang menampilkan kesenian membuat suasana semakin meriah.

Adapun juri dari festival tersebut diambil dari perangkat Desa Jatirejo, antara lain Wisnu yang menjabat sebagai Sekretaris Desa Jatirejo dan Buseri sebagai Kepala Dusun Noloprayan.

Penyelenggara acara, Ninis mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meramaikan bulan suci Ramadan serta mempererat tali persaudaraan dan silaturrahmi antar dusun setempat.

Salah satu peserta, Hafid Sugiarto antusias mengikuti
kegiatan tersebut. Dia juga mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini. “Semoga Ramadan membawa berkah dan pandemi segera berakhir,” ucapnya, Sabtu (23/4/2022).

Tidak hanya kegiatan ini, nanti pada malam idul Fitri juga akan diselenggarakan festival takbir untuk memeriahkan Lebaran tahun ini.

Ning