Suasana Pelantikan dan Pengambilan Sumpah dokter baru lulusan Fak Kedokteran UNS, Foto:Dok/ Humas UNS

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali melantik dan mengambil sumpah untuk lulusannya, di Auditorium Fakultas Kedokteran UNS, Selasa (19/4/2022) .

Fakultas kedokteran UNS melenatik dan mengambil sumpah sembilan dokter baru, dua di antaranya berasal dari Vietnam.

Acara berangsung secara luring dan daring, dipimpin Dekan Fakultas Kedokteran UNS Prof DR dr Reviono dan dihadiri Wakil Rektor Umum dan Sumber Daya Manusia UNS, Prof. Dr. Bandi, M.Si., AK dan Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FK UNS, Paramasari Dirgahayu,dr., Ph.D.

Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan Fakulas Kedokteran UNS, dr Paramasari Dirgahayu, Ph.D melaporkan, sembilan dokter yang diambil sumpah telah lulus Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) periode Februari 2022.

Dokter baru terdiri tiga pria dan sisanya wanita. Hanya tujuh orang yang hadir secara luring dalam pengambilan sumpah dan pelantikan dokter baru. Sedangkan dua dokter yang berasal dari Vietnam mengikuti upacara  secara daring.

Dokter baru peraih IPK tertinggi pada pelantikan kali ini adalah dr. Ramadhaningtyas Maghfirotul Fajriani dengan IPK 3,75. ”Dengan dilantiknya sembilan dokter baru ini, FK UNS tercatat telah meluluskan 6.682 dokter sejak tahun 1976,” jelasnya.

Momentum Awal

Sementara itu Dekan Fakultas Kedokteran UNS, Prof. Dr. dr. Reviono, Sp.P (K) mengingatkan, pelantikan dan pengambilan sumpah  merupakan momentum awal bagi para dokter baru memulai karier.

Momentum ini bukan akhir dari perjuangan para dokter baru selama ini. Diingatkan, banyak tangga yang masih bisa dilewati oleh para dokter baru. Tangga-tangga karier tersebut dapat berupa penjenjangan ataupun pendalaman.

“Tangga di depan cukup banyak. Kalian bisa mengambil tangga spesialis atau tangga pendidik dan dosen atau tangga yang lain. Namun, berapa tangga yang kalian pilih itu bergantung pada pilihan kalian. Hanya satu tangga ini boleh, tapi jika mau menapak ke atas juga boleh. Kami sangat terbuka jika teman-teman hendak mengambil pendidikan di UNS lagi,” jelas Prof. Reviono.

Masih dalam kesempatan sama Wakil Rektor Umum dan Sumber Daya Manusia UNS, Prof. Dr. Bandi, M.Si., Ak. menyampaikan selamat secara langsung kepada para dokter baru. Diingatkan , Fakultas Kedokteran UNS cukup diperhitungkan di Indonesia sehingga para lulusan diharapkan dapat mantap menapaki karier baru. “Selamat kepada para dokter baru. Kami bangga melepas putra putri Bapak Ibu yang lulus sebagai dokter,” ujarnya.

Bagus Adji