Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka didampingi Dirut PT KAI Didik Hartyanto tengah memukul bedug sebagai pertanda penggunaan sera resmi masjid An Nuur di Komplek Stasiun Solo Balapan. Foto: Bagus Adji

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) selama masa posko lebaran 2022 yakni H-10 sampai dengan H+10 Lebaran menyediakan empat juta tempat duduk (seat) pada kereta api (KA) jarak jauh dan lokal. Untuk KA jarak jauh tersedia  sekitar 2,5 juta tempat duduk dan sampai dengan saat ini sekitar 35 persen sudah dibeli masyarakat.

“Pelaksanaan angkutan mudik lebaran  sudah dipersiapkan segala sesuatunya dan sesuai SE no 39 tanggal 4 April 2022, ketentuan perjalanan KA dengan protocol kesehatan yang sehat terus  kami bangun,” kata Direktur Utama (Dirut) PT KAI Didik Hartyanto dalam sambutannya pada peresmian masjid An Nuur, Rabu (13/4/2022).

Peresmian masjid di kompleks Stasiun KA Solo Balapan dilakukan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming  Raka pada acara yang juga dihadiri pejabat Forkopimda  dan instansi terkait.

Animo masyarakat melakukan mudik di tahun 2022, lanjut Dirut Didik Hartyanto, diakui sangat besar. Terbukti di Jakarta baik di stasiun Gambir maupun Pasar Senen seat untuk H-5 sampai dengan H-1 sudah terjual antara 90 hingga 100 persen.

Boom Mudik

Diharapkan Mas Wali Kota Surakarta dan seluruh Forkopimda bisa melakukan antisipasi. Hal demikian karena Jawa Tengah khususnya Solo Raya  menjadi salah satu tujuan mudik terbesar. Angkutan mudik tahun ini ada yang menyebutnya boom mudik.