blank
Ilustrasi keutamaan 10 hari pertama Ramadan. Foto: Blogspot.com

blank

Oleh: Ustadz Abdul Somad (UAS)

blank
Ustadz Abdul Somad (UAS). Foto: Tangkapan layar Youtube.

RAMADAN 1443 Hijriah sudah memasuki hari ke sepuluh. Di dalam bulan Ramadan sendiri, ada keutamaan yang bisa didapat oleh umat muslim yang menjalankan ibadah puasa dengan sungguh-sungguh.

Ada keutamaan 10 hari pertama dalam bulan suci Ramadan, dan banyak keistimewaan dan kemulian. Banyak amalan yang apabila dilakukan akan mendapatkan pahala yang berlimpah, serta dosa-dosa kita akan dihapuskan.

Bulan suci Ramadan yang penuh berkah ini banyak pahala yang didapatkan jika kita melaksanakannya dengan sungguh-sungguh. Apa saja keutamaan 10 hari pertama bulan Ramadan?

Keutamaan hari pertama, pada awal malam Ramadan adalah Allah SWT mengampuni semua dosa yang tersembunyi dan yang terang-terangan, meninggikan beribu-ribu derajat, membangunkan untuk kalian lima puluh ribu kota di surga.

Hari pertama sudah seperti itu, dosa-dosa kita akan diampuni dan ditinggikan derajatnya, jadi jangan sampai kita melewatkan puasa Ramadan.

Keutamaan hari kedua, Allah SWT mencatat setiap ibadah kalian seperti ibadah satu tahun dan pahalanya seperti pahala seorang nabi, mencatat puasa kalian seperti puasa satu tahun.

Keutamaan hari ketiga, Allah SWT memberi kalian setiap rambut di tubuh kalian taman permata yang indah di surga Firdaus, di atasnya dua belas ribu rumah dari cahaya, di bawahnya dua belas ribu tempat tidur.

Serta di setiap tempat tidur ada bidadari, setiap hari seribu malaikat berkunjung dan setiap malaikat membawa hadiah untuk kalian.

Keutamaan hari keempat, Allah SWT akan memberi kalian di surga Khuld tujuh puluh ribu istana dan di setiap istana terdapat tujuh puluh ribu rumah, di setiap rumah terdapat lima puluh ribu tempat tidur.

Dan di setiap tempat tidur terdapat bidadari dan setiap bidadari memiliki seribu perhiasan, yang lebih baik dari dunia dan segala isinya.

Keutamaan hari kelima, Allah SWT memberi kalian di surga Al-Ma’wa beribu-ribu kota, setiap kota terdapat seribu rumah, di setiap rumah terdapat seribu meja makan, di atas setiap meja makan tujuh puluh ribu tempat makanan, di setiap tempat makanan tujuh puluh macam makanan yang tidak sama satu dengan yang lain.

Keutamaan hari keenam, Allah SWT memberikan kalian di surga Darus Salam seratus ribu kota, di setiap kota seratus perkampungan, di setiap perkampungan seratus ribu rumah, di setiap rumah seratus ribu tempat tidur dari emas yang panjang.

Setiap tempat tidur panjangnya seribu hasta, di atas tempat tidur terdapat bidadari sebagai pasangan yang berhias dengan tiga puluh ribu perhiasan dari permata putih dan permata merah, dan setiap bidadari membawa seratus pelayan.

Keutamaan hari ketujuh, Allah SWT memberi kalian di surga Na’im, pahala seperti pahala seribu syuhada’ dan empat puluh ribu orang yang benar.

Keutamaan hari ke delapan, Allah SWT memberi kalian pahala seperti pahala amal enam puluh ribu ahli ibadah dan orang enam puluh ribu orang yang zuhud.

Keutamaan hari kesembilan, Allah SWT memberi kalian apa yang diberikan kepada seribu ulama, seribu orang yang i’tikaf, dan seribu orang yang menyambung tali persaudaraan.

Keutamaan hari kesepuluh, Allah SWT memenuhi tujuh puluh ribu hajat, dan memohonkan ampunan untuk kalian matahari, bulan, bintang-bintang.

Binatang yang melata, burung, binatang buas, setiap bebatuan dan bongkahan tanah liat, setiap yang kering dan yang basah, setiap binatang di laut dan dedaunan di pepohonan.

Itulah keutamaan 10 hari pertama bagi umat muslim yang berpuasa di bulan suci Ramadan. Allah SWT akan memberikan pahala berlebih jika kita menjalankan dengan niat serta bersungguh-sungguh.

Sementara kita juga membuat amalan-amalan di bulan suci Ramadan, seperti yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Insha Allah kita semua umat muslim bisa menjalani puasa sampai 30 hari dengan selalu diberikan kesehatan.

Dilansir dari kanal Youtube Samurai Barokah, Ustad Abdul Somad (UAS).